In-depth

Mengenal Vitesse Arnhem, Klub yang Bisa Bawa Jim Croque ke Timnas Indonesia

Minggu, 29 Maret 2020 11:24 WIB
Editor: Coro Mountana
© INDOSPORT
Salah satu pemain keturunan Indonesia, Kevin Diks saat berselebrasi bersama Vitesse Arnhem. Copyright: © INDOSPORT
Salah satu pemain keturunan Indonesia, Kevin Diks saat berselebrasi bersama Vitesse Arnhem.

INDOSPORT.COM – Marilah kita mengenal Vitesse Arnhem, klub Belanda yang bisa membawa Jim Croque ke Timnas Indonesia.

Jim Croque adalah pemain berkebangsaan Belanda yang memiliki darah Jawa dari sang ayah dan kakek neneknya. Meski memiliki darah Belanda, Jim Croque telah menyatakan bahwa ia tak menutup kesempatan untuk membela Timnas Indonesia suatu hari nanti.

“Kakek nenek saya lahir di Indonesia, tapi ayah di Belanda, sementara ibu itu Belanda asli, jadi saya campuran 50 persen Belanda, 50 persen Indonesia. Jika dipanggil Timnas (Indonesia), saya pikir saya akan menerimanya,” ujar Jim Croque kepada INDOSPORT.

Saat ini, Jim Croque tengah meniti karier sepak bolanya di Eropa bersama klub amatir Belanda, BFC Youth. Potensi besar dari bakat Jim Croque pun pada akhirnya membuat klub kasta teratas Liga Belanda, Vitesse Arnhem meminangnya pada Juli nanti.

Mungkin banyak yang masih belum begitu mengenal Vitesse Arnhem, untuk itu berikut INDOSPORT hadirkan profil dari klub yang bisa mengantarkan Jim Croque selangkah lebih dekat ke Timnas Indonesia

Profil Vitesse Arnhem

Vitesse Arnhem adalah klub Belanda yang lahir pada 14 Mei 1892 merupakan salah satu klub tertua di Eredivisie Belanda. Di Belanda, memang pamor Vitesse Arnhem kalah terkenal dengan Feyenoord, Ajax Amsterdam, PSV Eindhoven, bahkan AZ Alkmaar.

Namun, tetap saja Vitesse Arnhem bukan tim yang bisa dianggap remeh oleh tim-tim lain asal Belanda. Pasalnya, mereka pernah menempati peringkat ketiga di Liga Belanda pada musim 1997/1998 dan sempat juara Piala KNVB pada 2016/2017.

Bahkan pencapaian saat ini dengan menempati posisi ketujuh merupakan prestasi yang lumayan mengingat mereka bukan klub besar seperti Feyenoord, Ajax, dan PSV. Terlebih posisi saat ini masih membuat Vitesser Arnhem bermain di Liga Europa musim depan.

Bicara soal kompetisi Eropa, ternyata Vitesse Arnhem sudah cukup sering bermain di Piala UEFA (cikal bakal Liga Europa) yaitu sebanyak 14 kali. Di mana sebanyak 2 kali, Vitesse Arnhem juga pernah bertahan hingga babak perempatfinal.

© purelyfootball
Caption Copyright: purelyfootballVitesse Arnhem saat bertandingan Chelsea yang diperkuat Diego Costa.

Tapi satu hal menarik dari Vitesse Arnhem bukan pada prestasinya, melainkan kemampuannya menghasilkan sejumlah pemain berbakat.

Mulai dari Philip Cocu, Roy Makaay, Sander Westerveld, Mahamadou Diarra, Nemanja Matic hingga Ronald Koeman adalah sedikit dari pemain kelas dunia yang sempat membela Vitesse. 

Melihat rekam jejak bagus dari Vitesse Arnhem yang penuh dengan sejarah. Bisa jadi itu akan membuat karier Jim Croque bisa semakin meningkat karena mendapatkan pelatihan yang tepat.

Dengan kata lain, peningkatan peforma Jim Croque bersama Vitesse Arnhem bisa mengantarkannya untuk dipanggil Timnas Indonesia dengan syarat dinaturalisasi lebih dulu.