Bola Internasional

5 Pemain Muslim Punya Pengaruh Besar Mengikis Islamofobia di Inggris

Selasa, 12 Mei 2020 07:06 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© dailysabah.com
Berikut ini ada 5 pemain muslim terbaik dunia yang punya pengaruh sangat besar dalam mengikis Islamofobia di daratan Inggris. Copyright: © dailysabah.com
Berikut ini ada 5 pemain muslim terbaik dunia yang punya pengaruh sangat besar dalam mengikis Islamofobia di daratan Inggris.

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada 5 pemain muslim terbaik dunia yang punya pengaruh sangat besar dalam mengikis Islamofobia di daratan Inggris.

Inggris menjadi salah satu negara bagian barat yang memiliki kesinisan terhadap agama Islam. Terlebih mayoritas warga Eropa bukan non-muslim.

Sikap tersebut muncul karena serangkaian serangan dari teroris yang menghujam negara-negara Eropa dalam lebih dari satu dekade terakhir.

Sejauh ini Inggris diketahui telah menerima tiga kali serangan dari teroris yang membawa embel-embel agama Islam dalam dua dekade silam.

Peristiwa pertama merupakan pemboman di London 2005, lalu serangan senjata London 2017, hingga insiden bom wilayah Manchester 2017 juga.

Kejadian memilukan tersebut membuat orang-orang Islam di Inggris mengalami diskriminasi. Kehidupan mereka pun sedikit mengalami kesulitan.

Padahal masyarakat beragama Islam di Inggris telah berupaya untuk menepis stigma buruk tersebut. Namun usaha mereka sejauh ini gagal.

Akan tetapi secercah harapan pun kembali muncul lewat dunia sepak bola. Dimana masyarakat Inggris sangat menggemari olahraga yang berjuluk si kulit bundar itu.

Karena sepak bola kerap menghadirkan sebuah klub yang mengontrak pemain beragama Islam. Pasalnya kualitas mereka sejauh ini begitu mumpuni dan menguntungkan.

Berikut ini merupakan beberapa pemain sepak bola muslim di kompetisi Liga Inggris yang turut mengikis fenomena Islamofobia pada negara tersebut.

1. N'Golo Kante

© Richard Heathcote/Getty Images
Gelandang muslim berkebangsaan Prancis milik klub Liga Inggris Chelsea NGolo Kante. Copyright: Richard Heathcote/Getty ImagesGelandang muslim berkebangsaan Prancis milik klub Liga Inggris Chelsea N'Golo Kante.

Gelandang Chelsea N'Golo Kante diketahui merupakan seorang muslim. Dirinya turut andil dalam mengikis fenomena Islamofobia di Inggris.

Kante dikenal sebagai muslim yang ramah dan murah tersenyum terhadap sesama manusia, meski diketahui kalau pemain asal Prancis ini cukup pemalu.

Kante bahkan sempat diajak untuk makan bersama oleh pendukung Arsenal di Inggris pada sebuah kesempatan usai pulang dari sebuah keperluan.

2. Mesut Ozil

© Metro
Mesut Ozil digantikan di babak pertama laga Boxing Day Arsenal vs Brighton Copyright: MetroMesut Ozil digantikan di babak pertama laga Boxing Day Arsenal vs Brighton.

Berikutnya ada bintang sepak bola Jerman milik Arsenal Mesut Ozil. Tak perlu diragukan kalau Ozil memang merupakan seorang muslim yang taat.

Bukti keislamannya terlihat ketika selalu berdoa di area lapangan hendak bermain. Apalagi Ozil dikenal sebagai dermawan yang luar biasa terhadap sesama.

Hal tersebut membuat Islamofobia perlahan-lahan terkikis. Ozil juga turut mengantarkan Arsenal merengkuh beberapa gelar juara sampai saat ini.

3. Paul Pogba

© GettyImages
Selebrasi Paul Pogba (Manchester United) usai mencetak gol pertama ke gawang Fulham. Copyright: GettyImagesSelebrasi Paul Pogba (Manchester United) usai mencetak gol pertama ke gawang Fulham.

Kemudian ada gelandang termahal milik Manchester United Paul Pogba yang juga menjadi salah satu pemain muslim di Inggris turut merobohkan Islamofobia.

Pogba juga diketahui kerap melantunkan doa di area lapangan ketika hendak untuk melakukan sebuah pertadingan kompetitif di semua ajang.

Pemain asal Prancis ini tak ragu dalam mendonasikan harganya untuk menolong orang-orang miskin, baik itu di Inggris ataupun Prancis.

4. Sadio Mane

© Robbie Jay Barratt/GettyImages
Sadio Mane, bintang klub Liga Inggris, Liverpool Copyright: Robbie Jay Barratt/GettyImagesSadio Mane, bintang klub Liga Inggris, Liverpool

Selanjutnya ada penyerang cepat Liverpool Sadio Mane yang juga diketahui menjadi salah satu aktor dalam mengikis wabah Islamofobia di Inggris.

Mane sempat tertangkap jelas ketika ikut membantu dalam membersikan area kamar mandi sebuah masjid. Aksinya pun sempat viral di mana-mana.

Apalagi Sadio Mane tak lupa bersyukur terhadap Allah SWT ketika mencetak sebuah gol. Pemain asal Mali ini kerap bersujud di area lapangan.

5. Mohamed Salah

© Julian Finney/Getty Images
Striker Liverpool, Mohamed Salah merayakan gol keduanya ke gawang Southampton Copyright: Julian Finney/Getty ImagesStriker Liverpool, Mohamed Salah merayakan gol keduanya ke gawang Southampton

Terakhir ada striker Liverpool Mohamed Salah. Pemain kelahiran Mesir ini juga turut mengikis Islamofobia di Inggris dalam beberapa tahun terakhir.

Salah dikenal sebagai muslim yang begitu taat luar biasa. Salah juga tak jarang melakukan sujud syukur ketika mencetak gol untuk Liverpool.

Salah pernah mendonasikan hartanya dalam membantu pembangunan masjid di kawasan Italia ketika masih berkarier di Negeri Pizza itu.

Selain lima pemain di atas, ada beberapa penggawa lainnya yang juga turut mengubah perspektif orang-orang Inggris terhadap Islam.