Bola Internasional

Termasuk Gonzales, 4 Pesepak Bola Tertua Dunia Masih Aktif Bermain

Selasa, 12 Mei 2020 20:06 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
© Karim Jaafar/AFP via Getty Images
Di bawah ini ada 4 pemain sepak bola tertua dunia yang diketahui masih aktif bermain, termasuk di dalamnya eks Timnas Indonesia Cristian Gonzales. Copyright: © Karim Jaafar/AFP via Getty Images
Di bawah ini ada 4 pemain sepak bola tertua dunia yang diketahui masih aktif bermain, termasuk di dalamnya eks Timnas Indonesia Cristian Gonzales.

INDOSPORT.COM - Di bawah ini ada 4 pemain sepak bola tertua dunia yang diketahui masih aktif bermain, termasuk di dalamnya eks Timnas Indonesia Cristian Gonzales.

Pemain sepak bola diketahui memiliki usia yang cukup pendek mulai dari 19 hingga 34 tahun dalam berkarier di kompetisi tertinggi sebuah negara.

Beruntung bisa para pemain bisa menjaga kondisi agar tetap prima selama semusim. Hal itu bisa menjadi nilai plus bagi sang pemain.

Akan tetapi, ada saja hal-hal yang mengganggu performa tiap pemain mulai dari cedera, akumulasi kartu, hingga berselisih dengan tim.

Hal itu kemungkinan bisa membuat citra kurang baik bagi karier sang pemain. Namun bisa dihapus dengan tampil konsisten dan meraih gelar juara.

Ketika memasuki usia-usia rawan, tepatnya 30 tahun ke atas, para pemain sudah harus mempersiapkan diri memasuki zona yang baru.

Sebab beberapa diantara mereka mulai tergerus dengan pemain-pemain muda atau usia emas. Sehingga penampilan sedikit berkurang akibat termakan usia.

Kendati begitu, ada beberapa pemain yang cukup langka dan bisa menepis semua anggapan kalau sudah tua tak bisa lagi berkontribusi terhadap tim.

Berikut ini deretan pemain tertua dunia yang diketahui masih aktif bermain berdasarakan data penyedia statistik pemain sepak bola, Transfermarkt.

1. Gianluigi Buffon

© Getty Images
Kiper Paris Saint-Germain (PSG) Gianluigi Buffon. Copyright: Getty ImagesEks kiper Paris Saint-Germain (PSG) Gianluigi Buffon.

Legenda hidup klub Liga Italia (Serie A) Juventus Gianluigi Buffon menjadi salah satu pemain tertua di dunia yang masih aktif bermain.

Buffon berposisi sebagai kiper dan telah berusia 42 tahun lantaran lahir pada 28 Januari 1978. Kontraknya di Juventus pun akan habis 30 Juni 2020.

Kontrak Buffon bisa saja diperpanjang Juventus. Namun sampai saat ini, belum ada tanda-tanda Buffon akan menyatakan pensiun dari dunia sepak bola internasional.

2. Roy Carroll

© John Peters/Manchester United via Getty Images
Eks kiper Manchester United Roy Carroll. Copyright: John Peters/Manchester United via Getty ImagesEks kiper Manchester United Roy Carroll.

Kemudian ada penjaga gawang kelahiran Irlandia Utara dalam sosok Roy Carroll, yang bisa disebut sebagai salah satu pemain tertua dunia yang masih aktif.

Carroll saat ini tengah berusia 42 tahun karena lahir 30 September 1977 silam. Kini diketahui kalau Carroll belum memiliki klub baru.

Terakhir Carroll sempat membela Linfield sejak 2016-19. Carroll pernah berseragam Manchester United (2001-05) dan meraih beberapa gelar juara.

3. Cristian Gonzales

© Instagram/@Bogor FC
Pemain anyar Bogor FC Cristian Gonzales saat sedang berlatih. Copyright: Instagram/@Bogor FCPemain anyar Bogor FC Cristian Gonzales saat sedang berlatih.

Selanjutnya ada eks striker Timnas Indonesia Cristian Gonzales. Pemain naturalisasi ini juga menjadi pemain tertua dunia yang masih aktif bermain.

Gonzales saat ini berusia 43 tahun karena lahir pada 30 Agustus 1976 silam di Uruguay. Gonzales juga sampai saat ini belum mendapatkan klub baru.

Terakhir Gonzales membela klub Liga 2 2019 PSIM Yogyakarta dan dikontrak selama semusim penuh. Eks Persib (2009-10) itu juga belum ada tanda-tanda pensiun.

4. Kazuyoshi Miura

© Masterpress/Getty Images
Kazuyoshi Miura berseragam Timnas Jepang Copyright: Masterpress/Getty ImagesKazuyoshi Miura berseragam Timnas Jepang

Terakhir ada mantan striker Timnas Jepang Kazuyoshi Miura yang juga merupakan salah satu pemain tertua dunia dan diketahui masih aktif bermain.

Kazuyoshi saat ini masih membela klub J1 League Yokohama FC dan dikontrak hingga 31 Januari 2021 mendatang. Namun dirinya tak menjadi pilihan utama di tim tersebut.

Kazuyoshi tercatat berusia 53 tahun saat ini usai lahir pada 26 Februari 1967 silam. Pemain berjuluk King Kazu itu juga belum ada tanda-tanda pensiun.