Liga Indonesia

Berhasil Lahirkan Kiper Berkualitas, Ini Rencana Passos di Persib

Rabu, 13 Mei 2020 19:06 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Yohanes Ishak
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih kiper klub Liga 1, Persib Bandung, Luiz Fernando Silva Passos saat melatih pada Januari 2020 lalu. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih kiper klub Liga 1, Persib Bandung, Luiz Fernando Silva Passos saat melatih pada Januari 2020 lalu.

INDOSPORT.COM - Pelatih kiper tim Persib Bandung, Luizinho Passos dikenal sebagai salah seorang pelatih yang mampu menghasilkan kiper berkualitas di kompetisi sepak bola Liga 1. 

Beberapa nama kiper muda di Indonesia yang berhasil diorbitkan olehnya, dan sempat dipanggil memperkuat Timnas Indonesia yakni Muhammad Ridho dan Nadeo Argawinata. 

Menanggapi hal tersebut, pelatih kiper asal Brasil ini menuturkan, bukan hal yang mudah baginya untuk mengembangkan potensi kiper yang ada. Hanya saja, ia memiliki kepuasan ketika anak asuhnya mampu mengembangkan kemampuannya dan mendapat kesempatan berkostum Timnas. 

"Saya rasa ini cukup menarik karena tidak mudah untuk menyiapkan kiper muda, khususnya dari aspek mental bermain. Selama saya melatih di Brasil dan sekarang di Indonesia, saya senang bisa berhasil mengembangkan potensi kiper muda," kata Luizinho Passos

Setelah berhasil mengasah kemampuan Nadeo dan Ridho serta mengantarkan keduanya berkostum Timnas, Passos akan berusaha untuk mengorbitkan penjaga gawang tim Persib mengikuti jejak kedua kiper tersebut. 

Meski begitu, Passos mengaku tidak mudah mewujudkan keinginannya tersebut, karena butuh proses dan waktu baginya mengasah kemampuan kiper agar dilirik oleh Timnas Indonesia

"Perlu waktu dan kerja keras yang dilakukan Ridho dan Nadeo untuk bisa masuk ke Timnas. Dan saya juga sudah menyiapkan proyeksinya, termasuk untuk Teja di Persib agar bisa masuk ke Timnas," ungkapnya. 

"Tapi untuk semua itu perlu kerja keras, harus fokus agar bisa bermain di level tertinggi untuk melakukan semuanya," jelasnya. 

Sementara itu, Persib Bandung memiliki tiga kiper, yakni I Made Wirawan, Teja Paku Alam dan Dhika Bayangkara. Dari ketiga kiper tersebut, I Made merupakan kiper senior dan sempat memperkuat Timnas. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
100%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%