Bola Internasional

Enam Pasang Pesepak Bola Kakak dan Adik yang Beda Kewarganegaraan

Sabtu, 9 Mei 2020 13:02 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Jurgen Schwarz/GettyImages
Kevin Boateng dan Jerome Boateng, kakak beradik yang berbeda kewarganegaraan. Copyright: © Jurgen Schwarz/GettyImages
Kevin Boateng dan Jerome Boateng, kakak beradik yang berbeda kewarganegaraan.

INDOSPORT.COM - Dalam olahraga sepak bola tentu tidak asing lagi jika sesama saudara memiliki profesi yang sama. Namun, tidak banyak yang mengetahui ternyata ada beberapa pesepak bola yang berstatus kakak-beradik tidak memiliki kewarganegaraan yang sama. Siapa sajakah mereka?

Mungkin, bagi pencinta sepak bola sejati sudah ada yang tahu jika ada kakak dan adik dari Belgia yang namanya cukup sering mencuat, yaitu pemain megabintang Real Madrid, Eden Hazard yang memiliki adik di Borussia Dortmund, Thorgan Hazard.

Ada juga penyerang Inter Milan, Romelu Lukaku yang adiknya bernama Jordan Lukaku yang bermain di Lazio. Jika mereka merupakan contoh pemain bersaudara yang merupakan satu negara, bagaimana dengan mereka yang berbeda kerwarganegaraan? Berikut ulasannya:

Cahill Bersaudara

© Grafis: Indosport.com
Tim Cahill dan Chris Cahill Copyright: Grafis: Indosport.comTim Cahill dan Chris Cahill, dua pesepak bola kakak dan adik yang berbeda kewarganegaraan.

Keduanya sama-sama lahir di Sydney, Australia. Namun, sang kakak yang kini telah jadi legenda, yakni Tim Cahill lebih memiliki nama yang mentereng saat masih perkuat klub Liga Inggris, Everton, di mana dirinya tercatat sebagai pencetak gol terbanyak yang berasal dari negeri yang terkenal dengan hewan Koala tersebut.

Sedangkan sang adik, Chris Cahill, tidak memiliki peforma yang memuaskan seperti kakaknya, sehingga ia gagal mendapat kepercayaan di negaranya, oleh karena itu Chris memilih untuk menjadi warganegara Kepulauan Samoa. 

Vieri Bersaudara

© Grafis: Indosport.com
Christian Vieri dan Massimilano ‘Max’ Vieri Copyright: Grafis: Indosport.comChristian Vieri dan Massimilano ‘Max’ Vieri.

Sebagian besar, pasti tak ada yang menyangka jika salah satu legenda Inter Milan, Christian Vieri memiliki saudara yang berprofesi sama sepertinya. Ya, Christian memiliki adik kandung bernama Massimilano ‘Max’ Vieri yang pernah memperkuat Juventus.

Sayang peforma Max, tak semenawan kakaknya baik di level klub maupun negara. Max terlempar dari timnas Italia, sehingga ia memilih negara Australia sebagai warga negaranya. Ironisnya, bersama Australia ia pun hanya mampu tampil sebanyak 6 pertandingan. 

Alcantara Bersaudara

© Grafis: Indosport.com
Thiago Alcantara dan Rafinha Alcantara Copyright: Grafis: Indosport.comThiago Alcantara dan Rafinha Alcantara

Bagi para penggemar sepak bola Spanyol, khususnya yang mengidolakan klub Barcelona. Tentu tidak asing dengan keberadaan Alcantara bersaudara ini.

Keduanya memiliki bakat mengolah si kulit bundar dengan baik, tidak heran jika La Masia menjadi tempat mereka melatih kemampuannya. Namun, peforma sang kakak, Thiago Alcantara lebih menjanjikan sehingga ia dipercaya untuk membela timnas Spanyol.

Sedangkan adiknya Rafinha Alcantara, ia lebih mengikuti jejak ayahnya, Mazinho untuk memperkuat timnas Brasil. Thiago saat ini tengah memperkuat Bayern Muenchen, sedangkan Rafinha bermain bagi Celta Vigo.

Suarez Bersaudara

© Grafis: Indosport.com
Luis Suarez dan Paolo Suarez Copyright: Grafis: Indosport.comLuis Suarez dan Paolo Suarez

Jika kita telah melihat contoh diatas, yakni Cahill, Vieri, Alcantara, termasuk Hazard bersaudara. Semuanya terdengar kehebatan lebih condong ke sang kakak.

Rasanya sah-sah saja, karena kakak merupakan sosok yang lahir terlebih dulu, sehingga dianggap memiliki pengalaman yang lebih matang.

Namun pada kenyataannya tidak demikian, striker berbakat milik Barcelona, Luis Suarez mampu menepis tanggapan tersebut. 

Terlepas dari beberapa aksi kontroversinya, Suarez memang sudah dikenal sebagai penyerang yang sangat tajam, baik di level klub maupun timnas Uruguay. 

Berbeda dengan kakaknya, Paolo Suarez, yang peformanya nyaris tak terdengar oleh publik dunia. Paolo kini tengah bermain untuk salah satu klub di Guatemala, yakni Comunicaciones FC dan memperkuat Timnas El Salvador.

Pogba Bersaudara

© Grafis: Indosport.com
Paul Pogba, Mathias Pogba, Florentine Pogba Copyright: Grafis: Indosport.comPaul Pogba, Mathias Pogba, Florentine Pogba

Inilah keberadaan saudara pesepakbola yang sangat unik terdengar. Ya, Pogba bersaudara terdiri dari tiga orang. Sosok yang biasa kita dengar tentu bernama Paul Pogba yang saat ini perkuat Manchester United.

Paul juga bermain untuk timnas Prancis, sedangkan dua kakak kembarnya, yakni Mathias dan Florentin Pogba justru membela timnas Guinea.

Boateng Bersaudara

© Stars and Stripes FC
Kevin Prince Boateng (kanan) dan Jerome Boateng dalam sebuah pertandingan antara Jerman dan Ghana. Copyright: Stars and Stripes FCKevin Prince Boateng (kanan) dan Jerome Boateng dalam sebuah pertandingan antara Jerman dan Ghana.

Kevin-Prince Boateng dan Jerome Boateng adalah dua bersaudara asal Jerman yang tentunya juga tidak asing terdengar. Keduanya pun memiliki kemampuan mengolah bola dengan baik.

Namun, Kevin lebih memilih untuk menjadi dan membela negara Ghana, sedangkan sang adik Jerome tetap membela tim Panzer.

Usut punya usut, tersiar kabar salah satu alasan mengapa Kevin lebih memilih timnas Ghana adalah, karena saat itu dirinya merasa kesulitan untuk bersaing dengan banyaknya gelandang berbakat dari timnas Jerman. Oleh karena itulah ia lebih memilih timnas Ghana.

Saat ini, Jerome Boateng tengah memperkuat raksasa Bundesliga Jerman, Bayern Munchen, sedangkan Kevin-Prince Boateng di Barcelona namun dipinjamkan ke klub Turki, Besiktas.

Menariknya, keduanya cukup sering bertarung di lapangan, baik saat memperkuat negara maupun klubnya masing-masing. Salah satu yang menarik adalah saat Kevin masih bermain di klub Bundesliga Jerman, Schalke 04 di tahun 2013 hingga tahun 2015 lalu.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
100%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%