Liga Indonesia

Eks Pelatih Anggap Wajar Komposisi 4 Kiper di PSM Makassar

Rabu, 13 Mei 2020 18:49 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© elebesonline.com
Eks pemain klub Liga 1 PSM Makassar, Deny Marcel, mengomentari komposisi kiper pada musim ini. Copyright: © elebesonline.com
Eks pemain klub Liga 1 PSM Makassar, Deny Marcel, mengomentari komposisi kiper pada musim ini.

INDOSPORT.COM - Eks pemain klub Liga 1 PSM Makassar, Deny Marcel, mengomentari komposisi kiper pada musim ini. Ia menyebut tak ada masalah dengan kiper yang lebih bayak dihuni oleh talenta muda.

Di ajang Liga 1 2020 ini, PSM mendaftarkan empat orang kiper ke PT Liga Indonesia Baru (LIB,) dua d iantaranya merupakan rekrutan anyar pada jendela transfer awal musim dan sisanya ialah wajah lama.

Kedua kiper yang baru direkrut tersebut ialah Miswar Saputra yang membela Persebaya Surabaya pada musim lalu. Satunya lagi si anak hilang, Syaiful Syamsuddin, dari klub Liga 1 lainnya, yakni Barito Putera.

Sementara itu, dua kiper yang merupakan wajah lama merupakan jebolan dari produk akademi PSM, yakni Hilmansyah dan Muhammad Reza Arya Pratama. Uniknya, mereka berempat masih berusia relatif muda.

Syaiful menjadi kiper yang berusia paling tua yakni 26 tahun, diikuti Miswar dengan usia 24 tahun. Lalu ada Hilmansyah yang berusia 22 tahun dan terakhir yang paling muda ialah Reza dengan usia 19 tahun.

Bagi Deny, semua kiper PSM saat ini memiliki kualitas yang sama bagusnya. Namun, ia juga tak menampik jika mereka berempat butuh dan harus diberikan menit bermain agar mendapatkan jam terbang di ajang Liga 1.

"Sekalipun semuanya kiper muda pun tidak ada masalah. Cuma harus sering dikasih menit bermain saja sehingga menemukan pengalaman dalam berlaga," ungkap Deny kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Selasa (13/05/20).

Selain itu, Deny memaklumi pasang surut performa Miswar dan Hilman pada beberapa laga yang telah dijalani PSM sebelumnya. Untuk itu, ia sejatinya berharap ada seorang kiper senior untuk membimbing para kiper muda.

"Ya semua pemain pasti pernah merasakan performa yang naik turun. Sehingga lebih bagus lagi kalau ada satu kiper yang berpengalaman atau senior di dalam sebuah klub," ujar eks pelatih kiper PSM U-19 ini.

Sekadar informasi, Deny Marcel merupakan mantan kiper PSM pada tahun 2010 hingga 2013. Sempat membela klub lain, ia kembali lagi bersama Pasukan Ramang pada tahun 2016 dan akhirnya pensiun pada tahun berikutnya.