Liga Italia

3 Perubahan Besar di Serie A Italia Usai Bergulir Kembali

Kamis, 14 Mei 2020 17:57 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Hellas1903.it
Setidaknya ada tiga perubahan mencolok yang bakal diterapkan di Serie A Italia pascabergulir kembali pertengahan Juni mendatang Copyright: © Hellas1903.it
Setidaknya ada tiga perubahan mencolok yang bakal diterapkan di Serie A Italia pascabergulir kembali pertengahan Juni mendatang

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola Serie A Italia akhirnya segera resmi bergulir kembali pada  13 Juni mendatang. Tanggal ini dipilih oleh klub-klub melalui voting setelah pemerintah Italia memberikan lampu hijau dengan sejumlah catatan. 

Klub-klub peserta sendiri sudah diperbolehkan ke kamp latihan pada 18 Mei mendatang dengan mengedepankan sejumlah protokol kesehatan yang diberlakukan. 

Meski sempat menuai pro dan kontra, namun keputusan ini akhirnya resmi diambil. Digelarnya liga di tengah pandemi corona memaksa adanya sejumlah perubahan pada sejumlah aturan. 

Setidaknya ada tiga perubahan mencolok yang bakal diterapkan di Serie A Italia pascabergulir kembali pertengahan Juni mendatang. Berikut ulasannya. 

1. Protokol Kesehatan Ketat

Protokol kesehatan ketat bakal diberlakukan pada Serie A Italia setelah bergulir nanti. Para pemain harus melalui pemeriksaan medis sebelum dipersilahkan bergabung ke dalam latihan atau turun dalam pertandingan

Jika nantinya ada satu orang saja yang positif terjangkit corona, maka semua anggota tim tersebut harus diisolasi selama dua pekan. 

Aturan ini sempat menuai protes lantaran di Bundesliga hanya mewajibkan orang yang positif corona saja yang diisolasi selama dua pekan. 

2. Jadwal Dipadatkan

FIGC memutuskan Serie A Italia digelar kembali mulai dari 13 Juni dan berakhir pada 2 Agustus. Waktu yang kurang dari dua bulan ini memaksa mereka untuk menyusun jadwal yang ketat. 

Nantinya tiap tim harus bertarung dua kali dalam satu pekan dengan masa jeda tiga hingga empat hari. Langkah ini diambil agar tak mengganggu penjadwalan di musim depan. 

3. Pergantian Pemain

Untuk menanggulangi padatnya jadwal, FIGC mempersilahkan setiap tim untuk melakukan lima kali pergantian pemain dari yang biasanya hanya tiga kali. 

Keputusan ini sudah mendapat kajian dari badan yang mengontrol aturan sepak bola (IFAB). Diputuskan bahwa tim tim boleh mengganti pemain hingga lima kali. 

Regulasi ini dianggap oleh sejumlah pihak bisa merugikan Lazio. Pasalnya, tim rival mereka, Juventus, memiliki kedalaman skuat yang lebih baik. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%