Bola Internasional

Prediksi Pertandingan Borussia Dortmund vs Schalke 04: Revierderby di Partai Pembuka

Kamis, 14 Mei 2020 21:33 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Yanto/INDOSPORT
Prediksi Borussia Dortmund vs Schalke 04: Revierderby di Partai Pembuka Copyright: © Grafis: Yanto/INDOSPORT
Prediksi Borussia Dortmund vs Schalke 04: Revierderby di Partai Pembuka

INDOSPORT.COM - Prediksi pertandingan Bundesliga Jerman antara Borussia Dortmund vs Schalke 04 pada Sabtu (16/5/20) malam WIB, di mana Revierderby bakal tersaji di partai pembuka pasca Corona.

Bundesliga dan sejumlah kompetisi Eropa sendiri memang sempat dihentikan selama beberapa pekan, lantaran wabah pandemi virus corona telah merebak di hampir seluruh wilayah benua Biru.  

Namun setelah mendapat izin dari pemerintah Jerman, Bundesliga akhirnya dapat kembali menjalankan kompetisi musim 2019-2020 yang sempat tertunda pada 16 Mei 2020 mendatang. 

Pada pertandingan pembuka Bundesliga Jerman pasca pandemi Corona nanti, bakal berlangsung duel sengit bertajuk Revierderby antara Borussia Dortmund vs Schalke 04. 

Jika berkaca pada sejarah Bundesliga, derby lembah Ruhr ini merupakan duel terpanas yang penuh aroma kebencian dari masing-masing kesebelasan serta hasrat untuk membuktikan siapa tim terbaik di kawasan Jerman.

Melihat performa kedua tim sebelum kompetisi berhenti, sejatinya Borussia Dortmund punya peluang besar untuk bisa memenangkan pertandingan ketimbang Schalke 04.

Tercatat dalam lima pertandingan terakhir, Die Borussen berhasil meraih empat kemenangan dan cuma menelan satu kekalahan saat berjumpa Paris Saint-Germain FC di ajang Liga Champions.

Sedangkan Schalke 04 belum pernah merasakan kemenangan di lima pertandingan terakhir, bahkan Die Königsblauen pernah menelan tiga kekalahan beruntun dari RB Leipzig, FC Koln dan Bayern Munich.

Catatan tersebut membuat Schalke 04 kini terperosok ke peringkat 14 dengan raihan 33 angka, dan hanya berjarak satu strip dari Stuttgart yang berada di zona degradasi.

Meski secara statistik musim ini Schalke berada di bawah Dortmund, namun dalam fakta pertemuan keduanya menyebut jika tidak ada tim yang bisa diunggulkan pada derby ini. Total dalam lima pertemuan terakhir, dua tim saling dua kali mengalahkan dan satu kali berakhir imbang.

Player to Watch

Jadon Sancho (Dortmund)

© GettyImages
Jadon Sancho, bintang muda Borussia Dortmund asal Inggris. Copyright: GettyImagesJadon Sancho, bintang muda Borussia Dortmund asal Inggris.

Nama pemain asal Inggris tersebut menjadi salah satu primadona jelang pembukaan bursa transfer musim panas, Sancho digadang-gadang bakal bergabung dengan tim besar musim depan nanti.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, sebab performa winger berusia 20 tahun ini sangat impresif musim ini dengan 17 gol serta 19 asis dari 35 laga semua ajang bersama Dortmund. Catatan yang juga wajib diwaspadai lini pertahanan Schalke di pertandingan nanti.

Suat Serdar (Schalke 04)

© Mario Hommes/DeFodi Images via Getty Images
Suat Serdar Copyright: Mario Hommes/DeFodi Images via Getty ImagesSuat Serdar

Sementara di kubu Schalke, kehadiran gelandang Suat Serdar tampaknya bisa memberikan ketenangan buat lini depan tim tamu. 

Apalagi pemain berusia 23 tersebut tengah menjadi top skor klub dengan torehan 7 gol, sehingga pertahanan Dortmund  dipastikan bakal mendapat ancaman berbahaya dari Schalke yang berpusat pada trio striker plus lini keduanya 

Prediksi Susunan Pemain
Borussia Dortmund (3-4-3)
Roman Burki; lukasz Piszczek, Mats Hummels, Dan-Axel Zagadou; Raphael Guerreiro, Axel Witsel, Emre Can, Achraf Hakimi; Jadon Sancho, Erling Braut Haland, Thorgan Hazard.

FC Schalke 04 (3-4-3)
Markus Schubert; Matija Nastasić, Timo Becker, Jean-Clair Todibo; Bastian Oczipka, Suat Serdar, Weston McKennie, Jonjoe Kenny; Benito Raman, Guido Burgstaller, Amine Harit.

Lima Pertandingan Terakhir Borussia Dortmund

  • Borussia Dortmund 2 - 1 Paris Saint-Germain FC
  • Werder Bremen 0 - 2 Borussia Dortmund
  • Borussia Dortmund 1 - 0 Freiburg
  • Borussia M'gladbach 1 - 2 Borussia Dortmund
  • Paris Saint-Germain FC 2 - 0 Borussia Dortmund

Lima Pertandingan Terakhir Schalke 04

  • Mainz 05 0 - 0 Schalke 04
  • Schalke 04 0 - 5 RB Leipzig
  • Köln 3 - 0 Schalke 04 
  • Schalke 04 0 - 1 Bayern Munich 
  • Schalke 04 1 - 1 Hoffenheim

Lima Pertandingan Terakhir  Borussia Dortmund vs Schalke 04

  • Schalke 04 0 - 0 Borussia Dortmund
  • Borussia Dortmund 2 - 4 Schalke 04
  • Schalke 04 1 - 2 Borussia Dortmund
  • Schalke 04 2 - 0 Borussia Dortmund
  • Borussia Dortmund 4 - 4 Schalke 04

Prediksi: Borussia Dortmund (50%), Draw (10%), Schalke 04 (40%)