Bola Internasional

Trio Bomber Nuansa Eropa yang Bisa Dimiliki Timnas Indonesia

Kamis, 14 Mei 2020 19:57 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Grafis:Frmn/Indosport.com
Timnas Indonesia suatu saat nanti berpotensi memiliki trio bomber nuansa Eropa untuk lini depannya. Copyright: © Grafis:Frmn/Indosport.com
Timnas Indonesia suatu saat nanti berpotensi memiliki trio bomber nuansa Eropa untuk lini depannya.

INDOSPORT. COM - Timnas Indonesia suatu saat nanti berpotensi memiliki trio bomber nuansa Eropa untuk lini depannya.

Bukan rahasia lagi, kalau sepak bola Eropa menyimpan segudang cerita tentang pemain-pemain asal Indonesia. Banyak produk asli Tanah Air ataupun yang berstatus keturunan, kini sedang berkarier di Benua Biru.

Hal itu jelas berdampak baik bagi Timnas Indonesia. Setidaknya, Skuat Garuda punya kemungkinan untuk diperkuat pemain-pemain jebolan level sepak bola Eropa.

Seperti yang kita ketahui bersama, sepak bola Eropa levelnya memang satu tingkat di atas Indonesia. Jika banyak pemain Timnas Indonesia sudah kenyang pengalaman di Eropa, kualitas permainannya diyakini bakal luar biasa.

Khususnya terkait posisi penyerang, Timnas Indonesia berpotensi memiliki trio bomber maut bernuansa Eropa. INDOSPORT pun coba merangkum tentang kehebatan trio bomber tersebut ke dalam ulasan berikut.


- Xiamaro Thenu

© INDOSPORT
3 Keuntungan Timnas Indonesia Jika Dibela Messi-nya Maluku Xiamaro Thenu Copyright: INDOSPORTXiamaro Thenu

Xiamaro Thenu, jadi bomber bernuansa Eropa pertama yang mungkin dimiliki Timnas Indonesia. Posisinya sebagai winger, mungkin akan sangat berguna bagi daya gedor Skuat Indonesia dari sisi sayap.

Nama Xiamaro Thenu merupakan pemain keturunan Maluku yang mulai musim depan berkarier untuk klub top Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem. Sebelum gabung Vitesse, Xiamaro yang baru berusia 15 tahun, juga sudah mendapat pengalaman menimba ilmu bersama beberapa akademi sepak bola Belanda lainnya.

"Saya memulai karier saya di SV Houten sejak berusia delapan tahun," ujar Xiamaro Thenu ekslusif kepada INDOSPORT.

"Saya pernah bermain FC Utrecht selama lima tahun, selanjutnya pindah ke SV Houten dua tahun terakhir ini, dan musim depan gabung Vitesse," tutur Xiamaro Thenu.

Soal gaya bermain, Xiamaro Thenu merupakan seorang winger kanan yang juga piawai ditempatkan sebagai gelandang serang. Xiamaro Thenu mengandalkan kekuatan kaki kirinya dalam menggiring bola, dan banyak yang membandingkan permainannya mirip seperti Lionel Messi.

"Saya pemain kaki kiri, beberapa orang kerap membandingkan saya dengan Messi," kata Xiamaro Thenu.

Bayangkan saja jika suatu saat nanti Xiamaro membela Timnas Indonesia, soal penyerangan dari sisi sayap akan ada pemain yang bergerak lincah layaknya Messi. Patut dinanti, apakah Xiamaro benar akan memperkuat Timnas Indonesia?

- Egy Maulana Vikri

© lechia.pl
Pemain asal Indonesia milik Lechia Gdansk Egy Maulana Vikri. Copyright: lechia.plPemain asal Indonesia milik Lechia Gdansk Egy Maulana Vikri.

Soal posisi winger, Timnas Indonesia jelas punya nama Egy Maulana Vikri. Karier Egy kebetulan kini sedang dilalui di Eropa.

Egy merantau ke Polandia gabung Lechia Gdansk sejak 2018 lalu. Walau masih belum mendapat menit bermain reguler, peran Egy terbilang cukup sering diandalkan oleh Lechia II.

Kiprah Egy bahkan turut berhak atas gelar juara Piala Polandia dan Piala Super Polandia yang diraih Lechia pada musim 2018/19 serta 2019/20. Artinya, Egy sudah punya bekal pengalaman mental juara di Eropa.

Kemampuan Egy pun rasanya akan fantastis bila diduetkan dengan Xiamaro Thenu di posisi winger. Apalagi, Egy dan Xiamaro sama-sama kerap dibandingkan dengan Lionel Messi, yang mana punya gerakan lincah menyisir sisi sayap.

- Jim Croque

© INstagram.com/j.croque9
Jim Roberto Croque pemain keturunan Indonesia. Copyright: INstagram.com/j.croque9Jim Roberto Croque pemain keturunan Indonesia.

Timnas Indonesia mungkin memiliki penyerang keturunan Jawa bernama Jim Croque. Namanya kini sedang membela akademi sepak bola Belanda, BFC Bussum, dan musim depan akan gabung tim top Eredivisie Belanda, Vitesse Arnhem.

Gaya permainan Jim Croque sepertinya mirip-mirip seperti bomber Bayern Munchen, Robert Lewandowski. Hal ini lantaran Jim Croque menjadikan Lewandowski sebagai idola dan panutan dalam berkarier.

"Saya tipe pemain seperti Lewandwoski, tapi dengan versi lebih cepat. Lewandowski adalah idola saya," ujar Jim Croque kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Soal posisi, Jim Croque mungkin terbiasa pula menusuk pertahanan lawan dari sektor sayap. Pasalnya, Croque mengaku juga piawai bila ditempatkan sebagai winger.

"Ya benar saya seorang penyerang, tapi saya juga bisa bermain sebagai winger," tutur Jim Croque.

Kualitas ketajaman Jim Croque sendiri dapat dilihat dari kiprahnya bersama BFC Bussum. Jim Croque mengaku minimal kerap menghasilkan satu gol per pertandingan.

"Saya tidak tahu pasti berapa jumlah gol saya, tapi saya pikir satu gol per laga, kadang dua atau tiga gol," kata Jim Croque.

Peran Jim Croque sepertinya bakal sangat cocok bila nanti diduetkan dengan Xiamaro Thenu dan Egy di lini depan Timnas Indonesia. Apalagi Jim Croque pasti bakal memiliki pengalaman bermain satu tim bersama Xiamaro di Vitesse, yang membuat perpaduan trio bomber bernuansa Eropa kian hebat lagi.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%