Bola Internasional

Luis Milla: Ronaldo, Messi, dan Jordan Punya Banyak Kesamaan

Jumat, 15 Mei 2020 20:57 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Tony Marshall - EMPICS/Getty Images
Luis Milla membandingkan dua bintang sepak bola, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dengan Michael Jordan legenda basket dunia. Copyright: © Tony Marshall - EMPICS/Getty Images
Luis Milla membandingkan dua bintang sepak bola, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dengan Michael Jordan legenda basket dunia.

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla membandingkan dua bintang sepak bola, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi dengan Michael Jordan legenda basket dunia.

Luis Milla yang dikenal dekan dengan para pecinta sepak bola Indonesia ini rupanya memberikan tanggapan tentang dua bintang sepak bola, yakni Ronaldo dan Messi.

Pria yang dua tahun sempat di Indonesia ini rupanya membandingkan dua pesepakbola tersebut dengan legenda basket dunia, Michael Jordan.

Milla mengutaran pendapatnya mengenai dua sosok pemenang Ballon d’Or tersebut melalui sebuah wawancara dengan Omnisport.

“Kini, kita memiliki dua pemain sepak bola seperti Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang bisa kita bandingkan dengan Michael Jordan,” katanya kepada Omnisport.

Menurutnya, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo adalah sosok yang selalu menjadi pemain terbaik dan tak pernah bosan dalam memenangkan penghargaan tersebut.

“Kita melihat mereka berdua main bertahun-tahun dan mereka tak bisa berhenti menang. Mereka tak pernah bosan memenangi Ballon d’Or disetiap tahunnya,” tambahnya.

Sejak tahun 2008 silam, penghargaan Ballon d’Or selalu bersarang di kedua pemain tersebut. Herannya mereka selalu bergantian di setiap tahunnya.

Pria yang berusia 54 tahun tersebut menuturkan bahwa ia tertarik mengetahui perjuangan dan komin=tmen yang dimiliki kedua bintang itu.

Milla ingin melihat bagaimana perjuangan dan komitmen yang dilakukan kedua pemain tersebut seperti yang dilihat dengan Michael Jordan di serial dokumenter Netflik, The Last Dance.

“Mungkin disuatu hari nanti, kita akan melihat dokumenter mengenai dua orang ini mirip seperti Jordan. Mungkin kita akan melihat bahwa Jordan, Messi, dan Ronaldo memiliki kemiripan,” tambahnya.

Ia menganggap bahwa apa yang sudah dilakukan oleh Jordan merupakan suatu hal yang dikerjakan juga oleh Lionel Messi dan Ronaldo. Milla juga mengatakan bahwa dedikasi yang dilakukan para legenda dunia ini akan berdampak baik bagi sekitarnya.

Luis Milla sendiri mendarat dan menangani Timnas Indonesia pada tahun 2016 hingga 2018 lalu. ia menahkodai skuat garuda di beberapa kejuaraan seperti Piala Asia U-23 2018. SEA Games 2007, dan Asian Games 2018 lalu.

Namun, kariernya menjadi sosok peracik strategi dan taktik di Timnas Indonesia ini tak bertahan lama. Ia akhirnya mengakhiri masa baktinya di 2018 lalu dan memutuskan kembali ke negara asalnya.

Di tahun 2019 ini, Luis Milla dikabarkan akan didatangkan kembali. Namun, ia kalah dengan pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-young.