Liga Indonesia

Sempat Kewalahan Hadapi Luis Milla, Ini yang Dilakukan Bang BES

Rabu, 13 Mei 2020 14:18 WIB
Penulis: Alfia Nurul Fadilla | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Bayu Eka Sari menceritakan salah satu masa sulit yang pernah ia alami saat menjadi penerjemah Luis Milla di Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM - Luis Milla bergabung menjadi pelatih Timnas Indonesia pada pertengahan 2017 lalu. Pelatih asal Spanyol itu pun hanya bertahan satu tahun setelah gagal di Asian Games 2018.

Bayu Eka Sari, pemuda asal Makassar yang menjadi penerjemah sekaligus asisten Luis Milla bercerita soal betapa kewalahannya ia saat awal-awal mendampingi mantan pemain Real Madrid itu.

“Di awal sama Coach Luis Milla kewalahan bahasa (Spanyol) sepak bola nggak gampang. Kalau kita ngomong bahasa Inggris, percakapan biasa kan bisa-bisa aja karena sering nonton film."

"Tapi kalau udah spesifik bahasa olahraga, bahasa hukum, bahasa ekonomi, kan emang harus dipelajari,” tutur Bang BES, sapaan pada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Tak mau pasrah dengan keadaan, Bang BES pun mengambil kursus kepelatihan demi memudahkan komunikasinya dengan pelatih berusia 54 tahun itu.

“Nah saat itu saya kewalahan, akhirnya saya punya inisiatif untuk ambil kursus pelatih waktu itu Lisensi D, yang organize juga PSSI di Jakarta. Pas SEA Games ambil Lisensi C, jadi pas Coach Simon saya sudah punya lisensi AFC waktu itu. Akhirnya semakin paham dengan penggunaan bahasa. Sementara Sabtu-Minggu saya melatih juga di SSB ASIOP Jakarta,” tambah BES.

Setelah mengantongi lisensi C AFC, rencananya, tahun ini (2020) akan melanjutkan ke lisensi B AFC dan mulai mengawali karir kepelatihan dari level bawah yakni sekolah sepak bola, ASIOP U-12.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%