Liga Inggris

Pernah Bela Persib, Essiens Masuk Nominasi Pemain Terbaik Liga Inggris

Jumat, 15 Mei 2020 16:45 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Richard Heathcote/Getty Images
Mantan pemain Persib Bandung, Michael Essien menjadi salah satu nominasi pemain sepak bola terbaik asal Ghana selama bermain di Liga Inggris. Copyright: © Richard Heathcote/Getty Images
Mantan pemain Persib Bandung, Michael Essien menjadi salah satu nominasi pemain sepak bola terbaik asal Ghana selama bermain di Liga Inggris.

INDOSPORT.COM - Mantan pemain Persib Bandung, Michael Essien menjadi salah satu nominasi pemain sepak bola terbaik asal Ghana selama bermain di Liga Inggris.

Michael Essien merupakan pemain sepak bola asal Ghana, Afrika Barat yang pernah membela beberapa klub raksasa di daratan Eropa.

Dalam kariernya sebagai pesepakbola membuatnya pernah merasakan Beberapa kompetisi sepak bola seperti, Liga Inggris, Serie A Italia, Liga Spanyol serta Liga Prancis.

Setelah sempat merasakan banyaknya kompetisi sepak bola di Eropa, Essien memutuskan untuk mencoba hal baru yakni bermain di Kompetisi Liga Indonesia.

Kedatangannya di Indonesia terbilang cukup mengagetkan, sebab pemain yang berusia 37 ini pernah membela klub-klub besar di Inggris, Italia dan Spanyol.

Essien resmi berseragam Persib Bandung pada tahun 2017 lalu. Saat itu status dari eks pemain Real Madrid ini adalah Marque Players di Indonesia.

Kendati demikian, kariernya di Liga 1 2017 itu rupanya tak bertahan lama. Ia memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya bersama Persib Bandung.

Jauh sebelum bermain di Indonesia, namanya sudah sangat dikenal oleh masyarakat Inggris. Sebab pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini bermain sangat apik bersama Chelsea.

Maka dari itu, situs resmi milik Liga Inggris menempatkan dirinya masuk dalam nominasi pemain sepak bola asal Ghana terbaik selama bermain Liga Inggris.

Bersaing dengan beberapa pesepakbola lainnya, Essien masih dalam tingkatan yang setara dengan rekannya yang terdahulu bermain di Liga Inggris.

Seperti Nii Lamptey yang menjadi pemain pertama asal Ghana yang membela Aston Villa pada tahun 1994 silam. Kemudian ada Tony Yeboah yang menjadi pencetak gol pertama saat berseragam Ledds United pada 1995 di Liga Inggris.

Sedangkan, Michael Essien sendiri memiliki penampilan yang sangat banyak saat berseragam Chelsea pada tahun 2005 dengan mencatatkan 168 penampilan.

Mantan pemain AC Milan ini sudah bermain di Liga Inggris sejak tahun 2005 silam. Terhitung selama tujuh tahun dirinya berseragam Chelsea.

Setelah itu ia memutuskan untuk bermain bersama Real Madrid dengan status pinjaman. Tak lama ia akhirnya hijrah ke Italia dan bermain bersama AC Milan.

Saat ini pemain marque player milik Persib Bandung tersebut rupanya bermain di salah satu klub Liga Azerbaijan dan membela FK Sabail.