Bola Internasional

Sebelum Laga Dortmund vs Schalke 04 Dimulai: Bola Disemprot Disinfektan

Sabtu, 16 Mei 2020 21:34 WIB
Penulis: Yosef Bayu Anangga | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Alexandre Simoes/Borussia Dortmund via Getty Images
Pemandangan menarik mewarnai laga Borussia Dortmund vs Schalke dalam lanjutan Bundesliga, Sabtu (16/05/20), dengan disemprotnya bola menggunakan desinfektan. Copyright: © Alexandre Simoes/Borussia Dortmund via Getty Images
Pemandangan menarik mewarnai laga Borussia Dortmund vs Schalke dalam lanjutan Bundesliga, Sabtu (16/05/20), dengan disemprotnya bola menggunakan desinfektan.

INDOSPORT.COM – Pemandangan menarik mewarnai laga Borussia Dortmund vs Schalke dalam lanjutan Bundesliga, Sabtu (16/05/20), dengan disemprotnya bola menggunakan desinfektan.

Bundesliga menjadi liga sepak bola top pertama di Eropa yang dimulai kembali di tengah pandemi corona. Sebelumnya, sejumlah kompetisi lain seperti Liga Inggris dan Serie A Italia berencana mengikuti langkah tersebut meski belum ada kepastian tanggal pelaksanaan.

Sementara itu, langkah berbeda justru diambil oleh Ligue 1 Prancis dan Eredivisie Belanda yang memutuskan untuk menghentikan kompetisi musim ini sepenuhnya.

© Alexandre Simoes/Borussia Dortmund via Getty Images
Bola untuk laga Borussia Dortmund vs Schalke 04 disemprot disinfektan Copyright: Alexandre Simoes/Borussia Dortmund via Getty ImagesBola untuk laga Borussia Dortmund vs Schalke 04 disemprot disinfektan

Dengan situasi yang masih berada di tengah ancaman pandemi, maka sejumlah penyesuaian pun dilakukan demi keselamatan para pemain dan staf yang terlibat, salah satunya menggelar laga ini secara tertutup tanpa penonton.

Akibatnya, suasana dalam stadion pun terasa sangat sepi. Meski stadion kandang Dortmund yang menjadi tuan rumah menjamu Schalke memiliki kapasitas 81 ribu orang, aturan baru Liga Jerman menyebutkan hanya boleh ada 213 orang di dalam stadion 213 termasuk pemain dan staf, tanpa satu pun penonton.

© Alexandre Simoes/Borussia Dortmund via Getty Images
Bola untuk laga Borussia Dortmund vs Schalke 04 disemprot disinfektan Copyright: Alexandre Simoes/Borussia Dortmund via Getty ImagesBola untuk laga Borussia Dortmund vs Schalke 04 disemprot disinfektan

Penyesuaian yang lain terjadi pada perangkat yang digunakan dalam permainan, yakni bola. Demi menjaga keselamatan para pemain yang berlaga, bola yang digunakan pun disemprot lebih dulu menggunakan desinfektan.

Langkah ini diambil demi memastikan bahwa tidak ada virus yang menempel di permukaan bola, yang bisa berpindah kepada para pemain ketika mereka menyentuh bola tersebut, mengingat mudahnya penyebaran virus ini.

Sebelumnya, lanjutan Bundesliga sempat dikhawatirkan bakal kembali ditunda setelah sejumlah pemain dari FC Koln diketahui terjangkit virus corona setelah menjalani latihan bersama. Namun, pihak liga memutuskan untuk terus melanjutkan rencana mereka.

Derby Dortmund vs Schalke 04 sendiri menjadi laga paling menarik dari 9 laga yang akan digelar akhir pekan ini. Hingga artikel ini diturunkan, Borussia Dortmund sendiri tengah unggul 2-0 dari Schalke 04.

Dortmund yang berada di posisi kedua membutuhkan kemenangan untuk mengejar ketertinggalan 4 poin dari Bayern Munchen yang memuncaki klasemen. Sementara itu, Schalke yang masih tertahan di peringkat 8 juga memburu poin untuk lolos ke kompetisi Eropa musim depan.