Bola Internasional

Cerita Yanto Basna Tolak Klub Malaysia Malah Kena Tipu di Thailand

Minggu, 17 Mei 2020 10:31 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bek andalan Timnas Indonesia asal Papua yakni Rudolof Yanto Basna memiliki sejarah kelam saat pertama kalinya mendarat di Thailand.

Dilansir dari live Instagram APPI, Yanto Basna bercerita mengenai masa lalunya yang memutuskan ingin berkarir di luar negeri.

Mantan pemain Persib Bandung itu pada 2018 lalu sebenarnya telah mendapatkan tawaran gaji tinggi di klub Malaysia, yaitu Kuala Lumpur FA.

Namun Yanto Basna menolak karena ada agen yang menjanjikan tawaran lebih besar di Thailand. Yanto Basna tergiur dengan tawaran agen karena akan memasukannya ke klub elite Thailand bernama Bangkok Glas.

Agen itu sempat mengirimkan foto apartemen, mobil dan fasilitas mewah lainnya ke Yanto Basna. Namun ternyata setelah sampai di Thailand, Yanto Basna baru sadar kalau dirinya ditipu.

"Kalau ditarik ke belakang, saya ke tim Malaysia itu sudah pasti, timnya Bang Jupe itu Kuala Lumpur FA. Lalu ada agen yang menjanjikan saya ke Bangkok Glass, itu kan tim bagus," kata Basna.

"Dia sudah kirim saya gambar apartemen, mobil, tapi setelah sampai di Thailad hoax, dia tipu saya," ucapnya menambahkan.

Meski ditipu, pemain berusia 24 tahun itu tidak menyerah. Ia kemudian memberanikan diri mengikuti seleksi klub kasta kedua Liga Thailand, Khon Kaen dan langsung diterima.

"Ya mau gimana lagi, saya sudah sampai di Thailand. Lalu saya seleksi di Khon Kaen. Terus hampir dua minggu, tapi yang paling menarik itu, saya latihan pertama seperti baru belajar sepak bola lagi," ujarnya.

Perjuangan Yanto Basna di Thailand membuahkan hasil yang luar biasa. Semusim bersama Khon Kaen, ia kemudian direkrut klub kasta tertinggi, Sukhothai pada 2019 lalu.

Kemudian pada musim ini, Yanto Basna direkrut PT Prachuap FC dan menjadi satu-satunya orang Indonesia yang berkarier di kasta tertinggi Liga Thailand 2020.