In-depth

Fahad Al-Dossari, Striker Arab-Thailand yang Hebohkan Indonesia

Rabu, 13 Mei 2020 17:44 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Simamaung/Otto Sya'ban Pramadhan
Fahad Al-Dossari, Striker Arab-Thailand yang Hebohkan Liga Indonesia Copyright: © Simamaung/Otto Sya'ban Pramadhan
Fahad Al-Dossari, Striker Arab-Thailand yang Hebohkan Liga Indonesia

INDOSPORT.COM - Mengenal sosok Fahad Al-Dossari, striker Arab Saudi berdarah Thailand yang sempat hebohkan panggung Liga Indonesia.

Liga Indonesia sendiri memang tidak begitu akrab dengan pemain asal Arab Saudi, padahal beberapa negara Timur Tengah seperti Irak, Palestina dan Lebanon kini sedang menjadi primadona tim Liga 1 dalam mencari pemain asing.

Meski kurang digemari, namun sepanjang sejarah ternyata kompetisi Liga Indonesia pernah kedatangan satu penyerang asal Arab Saudi pada periode 2013 lalu.

Adalah Fahad Al-Dossari, pemain Arab Saudi keturunan Thailand itu sempat mengadu nasib dalam ketatnya kompetisi Liga Indonesia dengan memperkuat Persiram Raja Ampat.

Sontak kedatangan Fahad Al-Dossari yang merupakan pemain Arab Saudi pertama di Liga Indonesia langsung menarik perhatian, apalagi Fahad datang sebagai mantan pemain tim besar Liga Arab Saudi.

Tercatat sebelum tampil di Liga Indonesia, dirinya adalah mantan pemain Al-Qadisiyah yang merupakan juara Asian Cup serta First Division League (kasta teratas Liga Arab Saudi), dan Al-Faisaly yang menjadi kampiun Saudi First Division.

Berbekal rekam jejaknya tersebut, banyak anggapan jika Fahad Al-Dossari akan tampil gemilang serta menjadi predator baru di Liga Indonesia.

Debutnya saat itu di Liga Indonesia sangat manis dengan langsung mencetak hattrick pada tanggal 16 Mei 2013. Hattrick Fahad Al-Dossari membantu Persiram Raja Ampat menang telak atas PSPS Pekanbaru dengan skor 5-0. 

Sayang setelah itu, performa Fahad yang sempat mengikuti trial di Persib Bandung mengalami penurunan hingga hanya bisa mencetak 4 gol saja dalam 15 pertandingan berikutnya. 

Penampilan yang kurang memuaskan bersama Persiram Raja Ampat, membuat Fahad dilepas dan akhirnya kembali ke Arab Saudi dan membela sejumlah klub lokal disana.

Namun sayang, ketajaman Fahad Al-Dossari belum bisa kembali meski bermain di kampung halamannya. Melansir dari laman Transfermarkt, disebutkan jika terakhir kali Fahad berkompetisi adalah saat memperkuat Al-Qadisiyah pada musim 15/16. 

Disebutkan jika di musim tersebut Fahad Al-Dossari hanya bisa tampil sebanyak tiga pertandingan tanpa mencetak satu gol pun. Kini status sang pemain adalah bebas transfer, usai dilepas klubnya sejak Juli 2017 silam.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%