Bola Internasional

Media Vietnam Sebut Filipina Mundur dari Piala AFF karena Thailand

Senin, 18 Mei 2020 10:38 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Lanjar Wiratri
© affsuzukicup.com
Media Vietnam melaporkan bahwa mundurnya Timnas Filipina dari Piala AFF disebut ada campur tangan Thailand. Copyright: © affsuzukicup.com
Media Vietnam melaporkan bahwa mundurnya Timnas Filipina dari Piala AFF disebut ada campur tangan Thailand.

INDOSPORT.COM - Media Vietnam melaporkan bahwa mundurnya Timnas Filipina dari Piala AFF disebut ada campur tangan Thailand.

Setelah Thailand dan Malaysia mengambil ancang-ancang untuk tidak mengikuti Piala AFF, Timnas Filipina juga ingin mengikuti rencana kedua negara tersebut.

Filipina beralasan ingin mundur karena pandemi virus Corona telah membuat kompetisi domestik ditunda hingga Desember 2020 mendatang.

Sedangkan pihkak Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) sendiri belum memiliki rencana terkait penundaan Piala AFF 2020, meski adanya pandemi virus Corona.

"Liga harus beristirahat sampai Desember, yang akan memiliki efek mendalam pada persiapan tim nasional. Saat ini kami hanya bisa menunggu dan tidak membuat keputusan," tulis PFF.

Selain alasan liga domestiknya yang mandek, ternyata Filipina juga masih menyimpan alasan lain. Dari laporan Viatnamnet, masalah Filipina datang karena 10 pemain timnas mereka merumput di Liga Thailand.

Klub-klub di Thailand memiliki hak untuk tidak mengizinkan pemain membela Timnas Filipina karena Piala AFF sendiri bukan turnamen yang masuk dalam kalender FIFA.

Sementara itu, jika nantinya Filipina, Malaysia, dan Thailand tidak ikut serta Piala AFF, maka peluang Indonesia untuk meraih juara semakin besar. Kini saingan terberat Timnas Indonesia hanyalah Vietnam yang pada Piala AFF 2018 lalu berhasil keluar sebagai juara.

1