Liga Italia

On This Day: Juventus Pecahkan Rekor Transfer Sepak Bola untuk Roberto Baggio

Senin, 18 Mei 2020 17:53 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Yohanes Ishak
© Sportskeeda
Tepat pada hari ini, 18 Mei 30 tahun silam, Juventus memecahkan rekor transfer saat memboyong Roberto Baggio dari Fiorentina Copyright: © Sportskeeda
Tepat pada hari ini, 18 Mei 30 tahun silam, Juventus memecahkan rekor transfer saat memboyong Roberto Baggio dari Fiorentina

INDOSPORT.COM - Tepat pada hari ini, 18 Mei 30 tahun silam, Juventus memecahkan rekor di dunia sepak bola dengan mendatangkan maestro si kulit bundar dari Fiorentina, Roberto Baggio.

Dilansir dari laman BT Sport, Baggio sejatinya memulai karier bersama Vincenza. Namun Fiorentina yang paham dengan talentanya memboyongnya di usia 18 tahun. Lima musim dihabiskan pria berusia 53 tahun tersebut bersama Gigliati.

Pada usianya ke 23, Juventus pun kepincut memboyongnya. Roberto Baggio didatangkan dengan mahar 12,9 juta euro yang pada tahun 1990 merupakan nilai terbesar untuk transfer pemain. Tentu Fiorentina selaku pemilik tak bisa menolak tawaran yang datang dari Bianconeri.

Namun kepindahan ini membuat para pendukung Fiorentina geram bukan kepalang. Aksi demonstrasi pun berkecamuk di jalanan Florence yang memprotes transfer Baggio sehingga menyebabkan 50 orang setidaknya mengalami luka ringan pada aksi tersebut.

Baggio sendiri hijrah sebelum Piala Dunia 1990 digelar di Italia. Pada panggung ini, ia mengibarkan namanya ke seluruh dunia sebagai pemain dengan kemampuan olah bola yang baik.

Tak cukup sampai disitu, Baggio dikenal sebagai maestro tendangan bebas. Di Juventus, kelasnya kian terasah dan membuatnya meraih Ballon d'Or pada tahun 1993. Tapi karier cemerlangnya tersebut tak begiu banyak diingat orang.

Bahkan publik lebih mengenal kegagalan Roberto Baggio dalam mengeksekusi penalti saat Italia takluk di final Piala Dunia 1994 dari Brasil kendati dirinya mampu mencetak lima gol di babak grup.