Bola Internasional

Simon McMenemy Bocorkan Penyebab Sepak Bola Indonesia Tidak Maju-maju

Senin, 18 Mei 2020 00:25 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Indra Citra Sena
© PSSI
Mantan pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, membeberkan, alasan mengapa sepak bola Indonesia tidak maju-maju. Copyright: © PSSI
Mantan pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, membeberkan, alasan mengapa sepak bola Indonesia tidak maju-maju.

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih timnas Indonesia asal Skotlandia, Simon McMenemy, baru saja berbagi pengalaman kepada media Vietnam, Zing.vn.

Dalam kesempatan tersebut, Simon McMenemy bercerita mengenai pengalaman pahit saat menukangi timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Saat itu, Simon McMenemy membuat banyak suporter kecewa karena timnas Indonesia menelan lima kekalahan beruntun di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan akhirnya didepak oleh PSSI.

Simon tidak terima dengan cara tersebut dan membocorkan mengapa sepak bola Indonesia tidak maju-maju. Pelatih yang saat ini alih profesi sebagai komentator sepak bola itu menganggap PSSI hanya mementingkan Liga Indonesia dan timnas saja.

Seharusnya, PSSI lebih mementingkan perkembangan generasi muda karena itu yang akan membuat maju sepak bola di masa depan.

"Sekarang, mereka hanya peduli dengan liga domestik dan tim nasional. Jika mereka kalah, mereka akan menemukan seseorang yang bertanggung jawab dan orang itu adalah aku," kata Simon McMenemy.

Ia kemudian membandingkan dengan Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF) yang telah mendukung perkembangan usia muda. Padahal bila dilihat kompetisi domestik Vietnam masih kalah dari Liga Indonesia.

"Saya suka cara mereka (VFF) melihat kenyataan di mana sepak bola Vietnam berada. Mereka tidak membual tentang 'sepak bola Vietnam yang hebat' atau sejenisnya," ujar Simon.

"Mereka realistis, mengerti bahwa mereka harus membawa pemain ke luar negeri untuk berlatih dan bersaing untuk membuat tim lebih kuat," tuturnya menambahkan.

Meski kompetisi domestik dinilai kalah dari Indonesia, timnasnya benar-benar tampil luar biasa. Di bawah asuhan Park Hang-seo, Vietnam menjelma menjadi tim yang ditakuti di wilayah Asia.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%