Bola Internasional

Liga Skotlandia Dihentikan, Celtic Raih Juara 9 Kali Secara Beruntun

Selasa, 19 Mei 2020 21:48 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Yohanes Ishak
© @CelticFC
Liga Skotlandia telah resmi dihentikan menyusul pandemi yang tak kunjung mereda dan membuat Glasgow Celtic keluar sebagai juaranya. Copyright: © @CelticFC
Liga Skotlandia telah resmi dihentikan menyusul pandemi yang tak kunjung mereda dan membuat Glasgow Celtic keluar sebagai juaranya.

INDOSPORT.COM – Liga Skotlandia telah resmi dihentikan menyusul pandemi  virus corona yang tak kunjung mereda dan membuat Glasgow Celtic keluar sebagai juaranya.

Keputusan tersebut membuat Glasgow Celtic berhasil menjadi kampiun Liga Skotlandia 9 kali secara beruntun. Catatan yang membuat mereka mau tidak mau menjadi klub terbaik di Skotlandia.

Sebelumnya pada tahun 1966 sampai dengan tahun 1974, Celtic juga pernah menjuarai Liga Skotlandia sebanyak 9 kali secara beruntun. Catatan yang sempat disamai oleh rival mereka, Glasgow Rangers yang menjadi kampiun 9 kali secara beruntun pada tahun 1989 sampai 1997.

Dilansir dari The Sun, Celtic hanya perlu 6 gelar juara secara beruntun untuk bisa menyamai rekor Tafea FC, klub asal Vanuatu yang berhasil menjuarai liga sebanyak 15 kali secara beruntun.

Jika rekor dunia tersebut terlalu berat untuk direalisasikan dan Celtic ingin mengincar rekor Eropa, maka mereka perlu menjuarai Liga Skotlandia sebanyak 5 kali lagi secara beruntun untuk bisa menyamai catatan yang ditorehkan oleh Lincoln Red Imps dari Gibraltar dan Skonto Riga yang berasal dari Latvia.

Celtic hanya perlu satu kali juara di musim depan untuk menggenapi catatan rekor mereka menjadi 10 kali juara Liga Skotlandia secara beruntun dan mengungguli catatan Rangers yang juga mentok di angka 9.

Tampaknya hal tersebut cukup masuk akal untuk mereka, mengingat mereka begitu mendominasi Liga Skotlandia sampai saat ini. Ganjalan yang mungkin akan dirasakan oleh mereka kemungkinan muncul dari Rangers yang saat ini ditangani oleh Steven Gerrard, sosok pelatih yang mampu membuat mereka tampil impresif di Liga Europa.

Sepuluh kali beruntun, Celtic?