Liga Indonesia

Barito Putera Konfirmasi Terima Subsidi dari PT LIB

Rabu, 20 Mei 2020 14:50 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Twitter/@Liga1Match
Sejumlah klub Liga 1 mengkonfirmasi telah menerima subsidi tahap kedua dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), termasuk Barito Putera. Copyright: © Twitter/@Liga1Match
Sejumlah klub Liga 1 mengkonfirmasi telah menerima subsidi tahap kedua dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), termasuk Barito Putera.

INDOSPORT.COM - Sejumlah klub Liga 1 mengkonfirmasi telah menerima subsidi tahap kedua dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), salah satunya adalah Barito Putera.

Setelah PT LIB menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) secara virtual pada Senin (18/5) siang, operator Liga 1 itu kemudian melunasi janjinya untuk membayarkan subsidi tahap kedua.

Hal itu tak lepas dari peran Ketua Umum PSSI, Moch. Iriawan yang mendesak PT LIB untuk segera membayarkan subsidi termin kedua pada tim, paling lambat pada Selasa (19/05/20) kemarin.

Benar saja, manajemen Barito Putera telah menerima haknya di hari yang sama. Hal itu disampaikan langsung oleh Sekretaris tim Barito Putera, Ainul Ridha.

Namun, Ainul juga mengkonfirmasi jika subsidi yang diterima klub bukanlah bantuan dari PT LIB, melainkan hak tiap-tiap klub atas kontribusi komersil di Liga 1 2020.

"Alhamdulillah, sesuai (janji). Kebutuhan komersial yang baru dibayarkan itu akan membantu cashflow klub, walaupun tidak akan bisa menutupi semua kebutuhan operasional klub," papar Ainul Ridha.

Hal itu dibenarkan pula oleh asisten manajer Barito Putera, M. Ikhsan Kamil, jika PT LIB sudah memenuhi subsidi termin kedua musim Liga 1 2020.

Namun, masih ada sejumlah kewajiban yang hingga kini belum dibayarkan oleh operator pertandingan, salah satunya adalah hutang selama menggelar Elite Pro Academy musim 2018 lalu.

"Kalau yang dimaksud subsidi tahap kedua musim kompetisi 2020, iya, sudah diterima kemarin," timpal M. Ikhsan Kamil.

"Tapi kalau soal hutang PT LIB untuk rating dan ranking klub kompetisi 2017, serta pelunasan hutang LIB ke klub untuk Elit Pro Academy musim 2018, belum," tambahnya.

Di sisi lain, bersamaan dengan momentum RUPS LB pada Senin lalu, Direktur Utama PT LIB, Cucu Somantri beserta tiga komisaris, menyatakan mundur dari jabatannya, dan telah disetujui oleh 18 klub Liga 1 serta PSSI.