Bola Internasional

Bukan Son Heung-min, Ini Pemain Asia Terhebat di Bundesliga Versi AFC

Rabu, 20 Mei 2020 13:40 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Independent
Bukan Son heung-min, Ashkan Dejagah adalah pemain Asia terhebat yang pernah merumput di Bundesliga Jerman. Copyright: © Independent
Bukan Son heung-min, Ashkan Dejagah adalah pemain Asia terhebat yang pernah merumput di Bundesliga Jerman.

INDOSPORT.COM – Ternyata Son Heung-min bukan merupakan pemain asal Asia terhebat yang pernah merumput di Bundesliga Jerman.

Dari polling yang diadakan oleh AFC, Son bahkan tidak masuk ke dalam urutan 3 besar pemain Asia terbaik yang pernah berlaga di Bundesliga Jerman.

Lalu, siapa pemain Asia terbaik versi AFC yang pernah merumput di Bundesliga Jerman? Hasil polling menyebutkan jika Ashkan Dejagah adalah pemain asal Asia terbaik yang pernah berkarier di Bundesliga Jerman.

Dari polling tersebut, Dejagah unggul atas pemain-pemain lain yang dinominasikan AFC dengan mengantongi 37% voting yang diikuti oleh 35.174 partisipan. Dirinya berhasil mengalahkan rekan senegaranya, Mehdi Mahdavikia dan Ali Daei yang berturut-turut berada di posisi 2 dan 3.

Son sendiri jauh berada di belakang Dejagah. Bintang asal Korea Selatan tersebut diketahui hanya berhasil mengantongi 1% dalam polling yang diadakan di laman resmi AFC itu.

Dejagah adalah salah satu pemain kunci Felix Magath kala VFL Wolsfburg secara mengejutkan berhasil menjadi kampiun Bundesliga Jerman musim 2008/09 yang lalu.

Bersama-sama dengan Makoto Hasebe dan Yoshito Okubo, saat itu Dejagah adalah 1 dari 3 pemain Asia yang berhasil mengantarkan Wolfsburg meraih trofi Bundesliga Jerman untuk pertama kalinya.

Sepanjang kariernya di Bundesliga Jerman yang terbentang dari tahun 2004 sampai dengan 2012 serta sempat kembali sejenak di tahun 2017, Dejagah berhasil mencatatkan 158 penampilan dan sukses mencetak 19 gol.

Berikut adalah daftar pemain Asia terbaik yang pernah merumput di Bundesliga Jerman versi polling yang diadakan oleh AFC:

1. Ashkan Dejagah (Iran)
2. Mehdi Mahdavikia (Iran)
3. Ali Daei (Iran)
4. Shinji Kagawa (Jepang)
5. Cha Bum-kun (Korea Selatan)
6. Vahid Hashemian (Iran)
7. Son Heung-min (Korea Selatan)
8. Koo Ja-cheol (Korea Selatan)
9. Makoto Hasebe (Jepang)
10. Yasuhiko Okudera (Jepang)