Liga Indonesia

Ketegasan Iwan Bule Buat Klub Liga 1 Bisa Tersenyum Lebar

Rabu, 20 Mei 2020 17:58 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kunjungan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule saat ke skuat Timnas Indonesia U-23 di Hotel Sultan Senayan, Jakarta, Rabu (06/11/19). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Kunjungan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule saat ke skuat Timnas Indonesia U-23 di Hotel Sultan Senayan, Jakarta, Rabu (06/11/19).

INDOSPORT.COM - Tim-tim Liga 1 2020 sepertinya dapat tersenyum lebar. Sebab subsidi termin kedua dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) sudah dicairkan.

Klub-klub memang sudah menanti pencairan subsidi termin kedua. Setidaknya mereka mengharapkan uang tersebut sebagai operasional.

Terlebih karena pandemi corona saat ini, klub tidak memiliki pemasukan. Tak pelak pencairan dana subsidi sudah lama dinanti.

Kini selepas PT LIB melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Luar Biasa, dana subsidi itu pun sudah dicairkan. Hal ini tak lepas dari perintah tegas Mochamad Iriawan selaku Ketua Umum PSSI.

"Saya telah mendapatkan laporan dari komisaris dan direksi yang tersisa tentang proses RUPS-LB hari ini sekaligus keluhan rekan-rekan. Oleh karenanya, dengan kewenangan yang saya punya, saya memutuskan untuk memerintahkan kepada direksi yang tersisa agar segera melakukan pembayaran subsidi kepada seluruh klub Liga 1 sebesar Rp 520 juta," kata pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

"Demikian kiranya rekan-rekan, mari kita tetap bersama-sama membangun sepakbola ini agar bisa survive dari cobaan bencana Virus Corona yang sedang melanda negeri tercinta ini," ia menambahkan.

Kepastian pencairan subsidi klub Liga 1 diutarakan oleh Direktur Pengembangan Bisnis Tira-Persikabo Rhendie Arindra. Bahkan ia mengaku timnya telah mendapatkan uang subsidi termin kedua penuh tanpa potongan.

"Saya sudah cek ke bagian keuangan dan benar PT LIB sudah membayarkan subsidi termin kedua secara penuh. Nantinya dana ini kami akan gunakan untuk membayar gaji pemain terlebih dahulu karena itu yang paling utama," ujar Rhendhie.

Hal yang sama juga didapatkan oleh Persita Tangerang. Manajer Persita I Nyoman Suryanthara bersyukur uang subsidi telah cair.

"Ya subsidi tahap kedua sudah dibayarkan dan alhamdulillah kami terimanya secara full tidak ada potongan," jelas Nyoman.