Bola Internasional

5 Bintang Eropa yang Diproduksi FC Gronigen, Ada Bek yang Jadi Top Skor

Kamis, 21 Mei 2020 07:05 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas | Editor: Indra Citra Sena
© FC Barcelona
Ronald Koeman yang pernah menjadi top skor Liga Champions merupakan salah satu pemain kelas dunia jebolan FC Groningen. Copyright: © FC Barcelona
Ronald Koeman yang pernah menjadi top skor Liga Champions merupakan salah satu pemain kelas dunia jebolan FC Groningen.

INDOSPORT.COM - Belanda tak ada habis-habisnya melahirkan pesepak bola andal. Bahkan, klub-klub yang berada di dalamnya juga turut mengembangkan pemain-pemain kelas dunia, salah satunya FC Groningen.

Berbicara pengembangan pemain di Belanda, semua orang akan menunjuk Ajax Amsterdam. Namun, jangan tepikan peran FC Groningen mengingat tim yang bermarkas di Stadion Euroborg ini juga kerap melahirkan bakat-bakat hebat.

Kendati bukanlah spesialis juara Liga Belanda, namun cara FC Groningen dalam melihat bakat-bakat hebat patut diapresiasi. Apalagi, sebagian besar nama besar lahir dari tim Pasukan Hijau Putih tersebut di era sepak bola modern.

Berikut lima pesepak bola hebat yang diproduksi FC Groningen:

1. Virgil van Dijk

Siapa tak kenal Virgil van Dijk? Pemain ini melejit bersama Liverpool edisi 2018-2019 usai menampilkan performa apik. Tak pelak di musim itu juga, ia menjadi pesepak bola terbaik kedua di dunia, hanya kalah dari Lionel Messi.

Bek berusia 28 tahun ini mengawali karier di Willem II sebelum hijrah ke FC Groningen pada 2010. Ia lantas masuk ke tim senior Groningen setahun kemudian hingga 2013-2014. Kini, ia membela Liverpool dan berstatus bek terbaik dunia.

2. Ronald Koeman

Ada pula bek hebat lainnya yang merupakan jebolan FC Groningen, Ronald Koeman. Kendati berstatus bek, siapa sangka bahwa pria asal Belanda ini pernah menjadi top skor Liga Champions 1993-1994.

Koeman mengawali karier di Groningen sejak usia muda. Total 90 penampilan dilahap sebelum Ajax Amsterdam memboyongnya pada 1983. Kepindahan ini membuat namanya dikenal dan membuat Barcelona memboyongnya.

3. Arjen Robben

Pria yang dikenal karena dribel dan kecepatannya ini memulai karier di akademi Groningen pada usia 16 tahun. Tak butuh waktu lama, Arjen Robben berhasil masuk tim senior dan tampil sebanyak 52 pertandingan.

Dari sanalah PSV Eindhoven mengendus bakatnya dan memboyong Robben pada 2002. Dua musim berselang, Chelsea membawanya ke Inggris sebelum dirinya melanjutkan petualangan di Real Madrid dan Bayern Munchen.

4. Luis Suarez

Pada 2006, FC Groningen membuat kejutan dengan memboyong nama tak terkenal dari Amerika Latin. Ia adalah Luis Suarez

Semusim membela Groningen dengan total 29 penampilan, Ajax pun menyadari bakatnya dan memboyongnya pada 2007. Meski singkat, di situlah Suarez mendapat pengalaman pertamanya di Eropa sebelum menjadi striker tajam seperti sekarang.

5 Dusan Tadic

Meski tak sebeken nama-nama di atas, Dusan Tadic bisa dibilang pemain jebolan Groningen yang berhasil. Diboyong pada 2010, ia mampu tampil sebanyak 76 pertandingan sebelum FC Twente memboyongnya.

Baru pada 2018 ia mampu membela tim besar, yakni Ajax Amsterdam. Siapa sangka, di tim ini, ia mendapat pengakuan dari seluruh dunia sebagai salah satu penyerang paling kreatif.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%