Bola Internasional

5 Pelatih Bundesliga yang Punya Karier Cemerlang Saat Jadi Pemain

Jumat, 29 Mei 2020 05:16 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Yohanes Ishak
© NBC Sports
Selain Hansi Flick yang melatih Bayern Munchen, berikut deretan pelatih Bundesliga Jerman yang miliki karier hebat sebagai pemain Copyright: © NBC Sports
Selain Hansi Flick yang melatih Bayern Munchen, berikut deretan pelatih Bundesliga Jerman yang miliki karier hebat sebagai pemain

INDOSPORT.COM - Bundesliga Jerman dikenal sebagai salah satu kompetisi top di Eropa berkat banyaknya bintang serta pelatih ternama yang berkecimpung di dalamnya.

Utamanya, sepak bola selalu menonjolkan pemain-pemain hebat dari setiap kompetisi. Namun Bundesliga Jerman berbeda. Meski diisi pemain ternama, banyak pelatih yang lebih dulu memiliki nama besar ketika masih aktif bermain.

Banyak pesepak bola yang memilih mengisi waktu menjadi pelatih seusai gantung sepatu. Pun dengan lima pelatih Bundesliga Jerman ini yang diam-diam memiliki karier cemerlang sebagai pemain yang jarang diketahui banyak orang.

Berikut daftar lima pelatih Bundesliga Jerman yang memiliki masa lalu hebat sebagai pemain.

1. Hans-Dieter Flick (Bayern Munchen)

Hans-Dieter Flick memulai kariernya di Bayern Munchen. Berposisi gelandang, ia telah memainkan 100 pertandingan bersama Die Rotten selama lima tahun. Lalu ia hijrah ke FC Cologne.

Sayangnya badai cedera membuat kariernya cepat meredup sehingga memutuskan pensiun di tahun 1993. Kini ia menjadi pelatih Bayern Munchen.

2. Peter Bosz (Bayer Leverkusen)

Pria asal Belanda ini memulai kariernya di Vitesse sebelum mengudara bersama RKC Waalwijk dan Toulon. Bahkan performanya membuat Feyenoord datang memboyongnya ke Rotterdam.

Prestasi pun banyak diraih Peter Bosz dengan menjuarai Eredivisie dan tiga kali KNBV Cup. Tahun 1999, Peter Bosz memutuskan pensiun. Kini ia pun menduduki kursi kepelatihan Bayer Leverkusen.

3. Heiko Herrlich (FC Augsburg)

Saat masih berstatus pemain, namanya dianggap sebagai salah satu pemain terbaik. Hal ini lantaran keberhasilannya menjuarai DFB Pokal kendati baru bermain bagi Bayer Leverkusen pada tahun 1993.

Berbagai tim besar pernah ia bela seperti Borussia Monchengladbach dan Borussia Dortmund. Gelar individu dan klub pun mampu ia kumpulkan. Pada 2004 ia memutuskan pensiun dan kini menjadi pelatih dari FC Augsburg.

4. Bruno Labbadia (Hertha Berlin)

Sebagai pemain sepak bola, Labbadia terhiung berprestasi. Ia terkenal berkat ketajamannya. Dalam 328 penampilan di Bundesliga, Bruno Labbadia mampu mencetak 103 gol dengan membea tim-tim besar.

Trofi juara Bundesliga pun mampir ke tangannya saat membela Bayern Munchen dan FC Kaiserlautern. Kini ia pun menjadi pelatih dan mengasuh skuat Hertha Berlin.

5. Steffen Baumgart (SC Paderborn)

Baumgart terlahir sebagai pencetak gol. Hal tersebut dibuktikannya saat masih bermain dan membela tim-tim seperti Union Berlin, Energie Cottbus, dan Hansa Rostock. 

Karier cemerlang sebagai penyerang pun coba ia teruskan di dunia kepelatihan. Tercatat saat ini ia menukangi SC Paderborn yang berstatus tim promosi Bundesliga 2019/20.