Liga Indonesia

8 Kekalahan Mencolok Persipura di Liga Indonesia

Kamis, 21 Mei 2020 14:04 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis:Yanto/Indosport
Persipura pernah menelan kekalahan dengan skor mencolok dalam perjalanannya di Liga Indonesia yang telah dihelat selama dua dekade lebih. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport
Persipura pernah menelan kekalahan dengan skor mencolok dalam perjalanannya di Liga Indonesia yang telah dihelat selama dua dekade lebih.

INDOSPORT.COM - Sepanjang keikutsertaan di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia sejak Ligina I musim 1994/1995, Persipura Jayapura telah mencicipi 4 kali juara dan 3 kali runner up.

Tapi, siapa sangka, Persipura juga pernah menelan kekalahan dengan skor mencolok dalam perjalanannya di Liga Indonesia yang telah dihelat selama dua dekade lebih.

Lawan apa saja dan di mana kekalahan mencolok Persipura itu terjadi? Berikut awak redaksi INDOSPORT coba merangkumnya untuk anda.

  • Musim 1994/1995

Seperti yang sudah diberitakan dalam artikel-artikel sebelumnya, skuat berjuluk Mutiara Hitam menderita kekalahan telak pertamanya di pentas Liga Indonesia saat menjalani debut perdana di Divisi Utama Ligina I musim 1994/1995.

Di kompetisi itu, Persipura harus menelan kekalahan dengan skor mencolok saat bertandang ke markas Pupuk Kaltim Bontang, Stadion Mulawarman, dengan skor 7-1, 14 Mei 1995.

  • Musim 2000/2001

Di musim Ligina VII ini, Persipura Jayapura menuai dua kekalahan dengan skor mencolok saat berhadapan dengan tim asal Jawa Timur.

15 Juli 2001, saat bertandang ke markas Petrokimia Putra, Persipura dibabat dengan skor 5-1. Mereka kembali menderita kekalahan telak dalam lawatannya ke Stadion 10 November saat berhadapan dengan tuan rumah Persebaya Surabaya pada 22 Juli 2001. Di laga itu, Persipura tumbang 4-0.

  • Musim 2002/2003

Di musim ini, Persipura tampil dengan sejumlah wajah baru di era kepelatihan Ruddy Keltjes, termasuk mulai menggunakan jasa pemain asing. Namun, mereka hanya mampu finis di peringkat ke-5.

Persipura bahkan harus menelan kekalahan cukup telak saat bertandang ke markas Persik Kediri, 26 Juni 2003. Di laga tersebut, Persipura dihajar dengan skor 6-0.

  • Musim 2003/2004

Di musim kesepuluh perhelatan Liga Indonesia ini, Persipura menuai rapor buruk dengan hanya mampu finis di peringkat ke-13. 

Mereka bahkan harus menelan dua kekalahan telak saat bertandang ke markas Persebaya Surabaya pada 25 Februari 2004 dan di markas Semen Padang pada 27 Mei 2004. 

Dalam dua laga itu, Persipura sama-sama dihajar dengan skor telak, 4-1.

  • Musim 2017
© Muhammad Nur Basri/INDOSPORT
Striker PSM Makassar, Reinaldo Elias da Costa (depan) saat melawan Persipura Jayapura. Copyright: Muhammad Nur Basri/INDOSPORTStriker PSM Makassar, Reinaldo Elias da Costa (depan) saat melawan Persipura Jayapura di Liga 1 2017.

Di era baru Liga Indonesia yang mulai menggunakan nama Liga 1 ini, performa Persipura juga tidak cukup bagus. Mereka harus gonta ganti pelatih usai menjuarai turnamen ISC di tahun 2016.

Di laga pekan ke-9, saat bertandang ke  Stadion Andi Mattalatta, 3 Juni 2017, Boaz Solossa dan kolega takluk dengan skor telak, 5-1 dari tuan rumah PSM Makassar.

  • Musim 2019
© Adriyan Adirizky/INDOSPORT
Pemain klub Liga 1 PSM Makassar, Aaron Evans dan Hasim Kipuw menjaga ketat penyerang Persipura Jayapura, Titus Bonai. Copyright: Adriyan Adirizky/INDOSPORTPemain klub Liga 1 PSM Makassar, Aaron Evans dan Hasim Kipuw menjaga ketat penyerang Persipura Jayapura, Titus Bonai.

Persipura Jayapura kembali menderita kekalahan telak dalam lawatannya di Stadion Andi Mattalatta saat berhadapan dengan tuan rumah, PSM Makassar, 18 November 2019.

Di laga pekan ke-18 Liga 1 itu, tim berjuluk Juku Eja menang dengan skor sangat mencolok, 4-0.