Liga Indonesia

3 Fakta Stadion Mattoanging, Kandang PSM Makassar yang Jadi Kebun Sayur

Jumat, 22 Mei 2020 16:04 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Wira Wahyu Utama/INDOSPORT
Markas PSM Makassar yakni Stadion Andi Matalatta saat ini sedang ramai menjadi bahan perbincangan karena tiba-tiba berubah menjadi kebun sayur. Copyright: © Wira Wahyu Utama/INDOSPORT
Markas PSM Makassar yakni Stadion Andi Matalatta saat ini sedang ramai menjadi bahan perbincangan karena tiba-tiba berubah menjadi kebun sayur.

INDOSPORT.COM - Markas PSM Makassar yakni Stadion Andi Matalatta saat ini sedang ramai menjadi bahan perbincangan karena tiba-tiba berubah menjadi kebun sayur.

Stadion Andi Mattalatta berubah menjadi kebun sayur akibat tidak adanya aktivitas selama ditundanya kompetisi Liga 1 2020 karena pandemi virus corona.

Berbagai macam sayuran salah satunya sawi hijau ditanam di bagian tribune terbuka stadion dengan dibentuk petak yang rapi. Bahkan kondisi rumput di lapangan sudah sangat tinggi karena tidak pernah dicukur.

Namun siapa sangka, bagunan yang berdiri sejak 1957 silam itu rupanya memiliki tiga fakta menarik yang belum diketahui oleh banyak orang. 

Berikut INDOSPORT merangkumnya dalam 3 Fakta Stadion Andi Mattalatta, kandang PSM Makassar yang mendadak jadi kebun sayur:

1. Disebut  Paling Angker oleh Pelatih Brasil

© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco. Copyright: Ronald Seger Prabowo/INDOSPORTPelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco.

Pelatih asal Brasil, Stefano Cugurra Teco pernah menyatakan kepada awak media kalau ternyata markas PSM Makassar menjadi stadion paling angker di Indonesia.

Juru taktik yang saat ini bergabung di Bali United itu menyatakan dirinya belum pernah menang bila bermain di Stadion Andi Mattalatta.

Prestasi terbaiknya pada musim 2018 saat menukangi Persija Jakarta dan berhasil menahan tuan rumah PSM dengan skor 2-2.

2. Saksi Bisu Aksi Tak Mengenakkan Striker Barito Putera

© psbaritoputeraofficial
Rafael Da Silva melakukan selebrasi pada laga melawan Persela Lamongan. Copyright: psbaritoputeraofficialRafael Da Silva melakukan selebrasi pada laga melawan Persela Lamongan.

Liga 1 2019 lalu menjadi kompetisi tidak mengenakan bagi eks striker Barito Putera, Rafael Da Silva. Saat berhadapan dengan tuan rumah PSM Makassar, Rafael Da Silva terkena hukuman kartu merah.

Saat itu, Rafael Da Silva masuk ruang ganti dengan keadaan emosi. Kemudian  Menurut laporan salah satu panpel PSM Makassar, Budiawan, ada salah satu kaca di stadion yang pecah karena ulah Rafael Da Silva.

3. Jadi Rebutan Kepemilikan Stadion

© Wira Wahyu Utama/Indosport.com
Suasana latihan PSM Makassar di Stadion Mattoanging, Sabtu (19/01/19). Copyright: Wira Wahyu Utama/Indosport.comSuasana latihan PSM Makassar di Stadion Mattoanging, Sabtu (19/01/19).

Kepemilikan Stadion Andi Mattalatta ternyata masih menjadi polemik.  Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) dan Yayasan Olahraga Sulawesi Selatan (YOSS) tengah kisruh mengklaim kepemilikan stadion.

Bahkan polemik tersebut sudah sampai dibawa ke ranah hukum dan Pengadilan Negeri (PN) belum bisa memutuskan. PSM Makassar yang menjadi korban karena berharap Stadion Andi Mattalatta bisa segera direnovasi supaya tidak menjadi tim musafir.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%