Liga Indonesia

On This Day: Menangi Derby, Persema Tembus ISL Pertama Kali

Selasa, 26 Mei 2020 13:58 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Lanjar Wiratri
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Persema Malang sukses menembus kompetisi Indonesia Super league (ISL), pasca memenangi Derby Jatim kontra Persebaya Surabaya pada semifinal Divisi Utama di Stadion Segiri Samarinda, Selasa (26/05/09).

Prestasi itu jadi yang pertama kalinya bagi tim Laskar Ken Arok. Finis di luar 9 besar klasemen Wilayah Barat pada Ligina 2007/2008, membuat Persema batal berlaga di ISL.

"Kunci keberhasilan kami adalah disiplin," ucap Pelatih Persema, Subangkit secara singkat pada Tribun Kaltim edisi Rabu (27/05/09).

Namun, selembar tiket promosi itu tak diraih Persema dengan mudah. Berstatus sebagai Juara Grup K, Persema mesti menghadapi Persebaya yang finis sebagai runner-up Grup L babak 8 besar.

Tensi tinggi pun sudah dimulai sejak kick-off Derby Jatim dimulai Wasit Hariyanto asal Makassar. Gelandang gesit Persema, Sutaji berhasil mencuri gol saat laga baru berlangsung 8 menit melalui shooting dari jarak 20 meter.

Brima Pepito Sanusi kemudian menambah keunggulan Persema lewat gol menit 28, ditambah lesakan Harmoko 71. Sementara tim Bajul Ijo hanya bisa membalas satu gol pada menit 67, melalui Morad Hafitz.

Persema dipastikan lolos ke panggung ISL, menyusul Persisam putra Samarinda yang pada laga lain menggulung PSPS Pekanbaru 3-1. Sementara Persebaya dipastikan harus melawan PSPS pada perebutan tempat ketiga.
 
Persebaya yang sangat kecewa dengan kekalahan itu. Seperti dilansir Kompas pada (26/05/09), baik Arcan Iurie Anatolievici (pelatih) maupun Indah Kurnia (manajer) menolak sesi konferensi pers, sehingga hanya dihadiri oleh kubu Persema saja.