Bola Internasional

2 Kiper Underrated Portugal yang Bisa Jadi Pengganti Donnarumma di AC Milan

Minggu, 24 Mei 2020 18:38 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Image
Sejumlah kiper underrated Portugal rasanya bisa menjadi kandidat tepat untuk AC Milan dalam menambal kemungkinan kepergian Gianluigi Donnarumma. Copyright: © Getty Image
Sejumlah kiper underrated Portugal rasanya bisa menjadi kandidat tepat untuk AC Milan dalam menambal kemungkinan kepergian Gianluigi Donnarumma.

INDOSPORT. COM - Sejumlah kiper underrated Portugal rasanya bisa menjadi kandidat tepat untuk AC Milan dalam menambal kemungkinan kepergian Gianluigi Donnarumma.

Berulang kali Gianluigi Donnarumma diiuskan bakal hengkang meninggalkan San Siro. Pesona kiper berusia 21 tahun itu banyak membuat klub top Eropa berminat mendatangkannya.

Teranyar, menurut laporan Dailymail, Donnarumma sedang didekati raksasa Liga Inggris, Chelsea. Pihak The Blues ingin membajak Donnarumma, demi menggantikan kiper termahal dunia yang kini performanya dianggap kurang konsisten, Kepa Arrizabalaga.

Bukan hanya Chelsea saja yang mendekat, Paris Saint-Germain, peminat lama Donnarumma masih coba mengejar. Belum lagi datang Real Madrid, yang sudah mulai resah atas menurunnya performa Thibaut Courtois, dan berharap mendapatkan Donnarumma sebagai pengganti.

Godaan yang datang silih berganti, bukan mustahil akan berhasil meruntuhkan kesetiaan Donnarumma. Andai itu terjadi, AC Milan mau tak mau harus mencari kiper baru yang kualitasnya tak kalah jauh dari Donnarumma.

AC Milan sebenarnya tak perlu terlalu pusing dalam menambal kemungkinan perginya Donnarumma. Pasalnya, di luar sana masih ada beberapa kiper underrated Portugal dengan kualitas top, yang bisa didekati manajemen Rossoneri.

Anthony Lopes

© Onze Mondial
Anthony Lopes saat menjaga gawang Olympique Lyon, nyatanya bisa membuat AC Milan sial. Copyright: Onze MondialAnthony Lopes, kiper asal Portugal.

Nama Anthony Lopes masih kerap dipandang sebelah mata, dan tak masuk jajaran kiper top dunia. Padahal kualitas Anthony Lopes dalam mengawal jala gawang, sejatinya patut diperhitungkan pula.

Anthony Lopes merupakan kiper yang kini membela raksasa Prancis, Olympique Lyon. Lebih jauh, Anthony Lopes sudah membela Lyon sejak level akademi dulu, sedari 2006 silam.

Kemampuan Anthony Lopes pun mungkin cocok untuk didekati AC Milan, andai suatu saat nanti Gianlugi Donnarumma pergi. Pengalaman Anthony Lopes sebagai penjaga gawang utama Lyon, diyakini cukup sepadan bila mengemban tugas menggantikan Donnarumma.

Jangan lupa juga, bahwa kiper jebolan Lyon biasanya benar punya kualitas top. Tottenham Hotspur misalnya, akhirnya sampai sekarang terpuaskan dengan jasa Hugo Lloris, kiper yang dibeli dari Lyon pada 2012.

Anthony Lopes sendiri sepanjang musim 2019/20 tercatat tampil 37 kali, kebobolan 41 gol, dan menorehkan 12 clean sheets. Patut dinanti, apakah AC Milan bakal tergoda memboyong Anthony Lopes?

Rui Patricio

© Getty Images
Rui Patrico sedang mengatur pagar hidup tim Portugal saat melawan Maroko. Copyright: Getty ImagesRui Patrico sedang mengatur pagar hidup tim Portugal saat melawan Maroko.

Berikutnya ada kiper yang juga rekan senegara Anthony Lopes, yakni Rui Patricio. Kualitas Rui Patricio patut diperhitungkan, sebab dirinya punya rekam jejak menawan bersama Timnas Portugal ataupun level klub.

Rui Patricio adalah penjaga gawang utama yang bertugas ketika Portugal menjuarai Piala Eropa 2016. Banyak sekali penyelamatan gemilang Rui Patricio yang menyelamatkan muka Portugal, terutama kala jumpa Prancis di laga final.

Sedangkan level klub, Rui Patricio begitu melegenda bersama Sporting Lisbon. Ia membela Sporting dari 2001, sampai akhirnya pada 2018 hijrah ke Wolverhampton Wanderers.

Karier Rui Patricio di Wolves ternyata kian meningkat lagi. Rui Patricio sukses membawa Wolves dalam dua musim beruntun menjadi kuda hitam Liga Inggris, yang kerap menyulitkan tim-tim besar.

Sepanjang musim 2019/20, Rui Patricio sudah tampil 42 kali untuk Wolves, dengan catatan 47 kali kebobolan, dan 13 clean sheets. Jika AC Milan membutuhkan pengganti Donnarumma, rasanya kualitas Rui Patricio dapat dipertimbangkan.