Bola Internasional

3 Fakta Fabian Beukhof, Gelandang Indonesia di Eropa yang Bisa ke Liga 1

Minggu, 24 Mei 2020 19:51 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Twitter/@vvbennekomlive
Fabian Beukhof, namanya merupakan gelandang Indonesia di Eropa yang bisa segera hijrah ke Liga 1. Copyright: © Twitter/@vvbennekomlive
Fabian Beukhof, namanya merupakan gelandang Indonesia di Eropa yang bisa segera hijrah ke Liga 1.

INDOSPORT. COM - Fabian Beukhof, namanya merupakan gelandang Indonesia di Eropa yang bisa segera hijrah ke Liga 1.

Nama Fabian Beukhof mungkin masih terdengar asing di telinga pecinta sepak bola Indonesia. Padahal kalau ditelusuri, Fabian Beukhof merupakan gelandang Indonesia yang kini menjalani karier di Eropa.

Lihat saja situs Transfermarkt yang menjelaskan status kewarganegaraan Fabian Beukhof dengan dua bendera, Belanda dan Indonesia. Artinya, Fabian Beukhof memanglah punya darah keturunan Indonesia dalam dirinya.

Fabian Beukhof tercatat tengah membela klub kasta keenam Belanda, VV Bennekom. Ia bisa segera pindah ke Liga 1 Indonesia, karena kontraknya bersama VV Bennekom akan habis mulai tanggal 31 Mei 2020 mendatang.

Redaksi berita olahraga INDOSPORT lantas coba mengulas lebih jauh fakta-fakta mengenai Fabian Beukhof. Mari simak ulasan tentang Fabian Beukhof berikut ini.

Posisi

Fabian Beukhof sejatinya merupakan pemain serba bisa. Gelandang berusia 20 tahun ini dapat ditugaskan untuk beberapa peran sekaligus.

Menurut data Transfermarkt, Fabian Beukhof posisi aslinya adalah gelandang tengah penyeimbang. Namun Fabian Beukhof juga piawai jika seandainya harus ditempatkan sebagai gelandang serang dan gelandang sayap kiri.

Peran Fabian Beukhof jelas sangat dibutuhkan ketika tim sedang membutuhkan rotasi pemain. Patut dinanti, apakah kualitas Fabian Beukhof yang dapat bermain di sejumlah posisi ini mampu menarik minat klub-klub Liga 1 untuk memboyongnya?

Rekam Jejak Karier

Fabian Beukhof saat ini memang hanya bermain di klub kasta bawah Liga Belanda saja. Namun bila melihat ke belakang, Fabian Beukhof sebenarnya pernah menimba ilmu sepak bola bersama klub top Negeri Kincir Angin, PEC Zwolle.

Kisahnya terjadi sedari tahun 2014 sampai 2019. Fabian Beukhof perlahan mampu mengembangkan kariernya, dari level akademi, sampai menembus jenjang U-21.

Sayang sekali, Fabian Beukhof tak pernah sampai masuk ke skuat utama PEC Zwolle. Transfermarkt mencatat, Fabian Beukhof total bermain sebanyak 47 kali untuk PEC Zwolle, dengan sumbangsih dua gol.


Lawan Gelandang Keturunan Indonesia Lainnya 

Fabian Beukhof ternyata pernah punya pengalaman bersua dengan gelandang keturunan Indonesia lainnya. Tepatnya terjadi pada 26 November 2016, Fabian Beukhof yang masih membela PEC Zwolle, bertanding dalam ajang Eredivisie Belanda U-19 kontra PSV Eindhoven.

Skuat PSV kala itu, menyertakan nama Jaell Hattu, gelandang keturunan Indonesia yang kini sudah pindah ke NEC Nijmegen. Duel antara Fabian Beukhof vs Jaell Hattu pun tak terhindarkan.

Bedanya, Fabian Beukhof bermain sejak menit awal mengisi lini tengah. Sedangkan Jaell Hattu baru diturunkan pada menit ke-89.

Pertandingan tersebut lantas diakhiri dengan skor 3-0 untuk kemenangan kubu Jaell Hattu. Fabian Beukhof mendapati kekalahan ketika jumpa sesama gelandang keturunan Indonesia.