Liga Indonesia

Segera Menganggur, Ini 3 Klub Liga 1 yang Mungkin Dibela Calon Naturalisasi Joey Pelupessy

Jumat, 22 Mei 2020 17:04 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Laurens Lindhout/Soccrates/Getty Images
Joey Pelupessy, calon gelandang naturalisasi ini, bisa saja hijrah ke Liga 1, mengingat statusnya yang akan segera menganggur. Copyright: © Laurens Lindhout/Soccrates/Getty Images
Joey Pelupessy, calon gelandang naturalisasi ini, bisa saja hijrah ke Liga 1, mengingat statusnya yang akan segera menganggur.

INDOSPORT. COM - Joey Pelupessy, calon gelandang naturalisasi ini, bisa saja hijrah ke Liga 1, mengingat statusnya yang akan segera menganggur.

Nama Joey Pelupessy sejatinya bukan hal yang asing bagi pecinta sepak bola Indonesia. Beberapa waktu lalu, Joey Pelupessy disebut-sebut masuk ke dalam rencana naturalisasi Kementrian Pemuda Olahraga (Kemenpora).

Tak mengherankan, sebab Joey Pelupessy pada dasarnya memang memiliki darah keturunan Indonesia. Situs Transfermarkt saja menggunakan bendera Belanda dan Indonesia untuk menjelaskan status kewarganegaraan Joey Pelupessy.

Kondisi terkini, Joey Pelupessy sedang bermain untuk klub kasta kedua Liga Inggris, Sheffield Wednesday. Gelandang berusia 27 tahun ini membela Sheffield Wednesday sejak tahun 2018 lalu.

Namun, Joey sepertinya harus mendapati diri bersiap didepak Sheffield Wednesday. Situs Transfermarkt menyebutkan bahwa kontrak Joey bersama Sheffield Wednesday akan segera habis 30 Juni 2020 nanti, dan hingga kini belum mendapatkan perpanjangan kontrak.

Andai benar-benar dilepas Sheffield Wednesday, Joey dipastikan bakal menganggur. Maka dari itu, Joey harus mencari klub baru, dan bukan mustahil sang pemain bakal hijrah ke Liga 1.

INDOSPORT lantas coba menerka, klub Liga 1 mana saja yang mungkin cocok untuk dibela Joey? Mari simak ulasannya berikut ini.

Bali United

Bali United merupakan salah satu tim top Liga 1 Indonesia. Musim lalu saja, Bali United berhasil keluar sebagai jawara kompetisi. 

Reputasi Bali United mungkin cocok untuk dibela Joey Pelupessy. Selain karena berstatus klub besar, Bali United sudah terbiasa menggunakan jasa pemain jebolan Liga Belanda.

Bali United kini mempunyai Stefano Lilipaly di lini depan, yang notabene pemain keturunan dan pernah menghiasi Liga Belanda. Ada lagi Irfan Bachdim, Sylvano Comvalius, Nick van der Velden, yang merupakan bintang jebolan Liga Belanda, sekaligus sempat membela Bali United.

Joey sendiri sebelum main di Liga Inggris bersama Sheffield Wednesday, memang banyak menghabiskan waktu bersama klub-klub Liga Belanda, seperti FC Twente dan Heracles Almelo. Patut dinanti, jika Joey menganggur nanti, akankah dirinya berlabuh ke Bali United?

Persib Bandung

Prestasi Persib Bandung tampak sedang menanjak di awal musim Liga 1 2020. Sudah bermain tiga kali (sebelum ditunda akibat virus corona), Persib menyapu bersih semua laga dengan kemenangan, sekaligus memuncaki tabel klasemen sementara.

Melihat fakta itu, rasanya Joey Pelupessy pantas mempertimbangkan Persib untuk menjadi pelabuhan barunya. Terlebih, Persib juga tergolong ramah bagi pemain-pemain keturunan atau naturalisasi.

Lihat saja skuat terkini Persib Bandung, yang dihuni Esteban Vizcarra, Kim Kurniawan, Victor Igbonefo, dan Fabiano Beltrame. Keempat nama tadi merupakan pemain naturalisasi yang dimiliki Persib, dan mungkin bakal bertambah kuat berkat kehadiran Joey.

Persija Jakarta

Persija Jakarta terkenal sebagai salah satu tim top Liga 1 Indonesia. Bukan hanya tenar, Macan Kemayoran juga punya prestasi hebat karena pernah memenangkan trofi juara Liga 1 2018.

Reputasi Persija Jakarta mungkin cocok untuk menjadi pelabuhan baru Joey Pelupessy. Terlebih lagi, skuat Persija kini tampak ramah dengan pemain top jebolan kompetisi Eropa.

Ada Marco Motta yang dulu merupakan bintang Juventus. Persija Jakarta juga punya Marc Klok, pemain Belanda eks FC Utrecht yang diyakini bisa membujuk Joey berlabuh ke Jakarta.