Bola Internasional

Meski Non-Arab, 2 Klub Dunia Ini Hadirkan Jersey Nuansa Islami

Senin, 25 Mei 2020 08:41 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
© Claudio Villa/Getty Images for Lega Serie A
Berikut ini ada 2 klub sepak bola dunia yang hadirkan jersey nuansa islami meski dari kawasan non-Arab. Tim mana saja kira-kira? Copyright: © Claudio Villa/Getty Images for Lega Serie A
Berikut ini ada 2 klub sepak bola dunia yang hadirkan jersey nuansa islami meski dari kawasan non-Arab. Tim mana saja kira-kira?

INDOSPORT.COM - Berikut ini ada 2 klub sepak bola dunia yang hadirkan jersey nuansa islami meski dari kawasan non-Arab. Tim mana saja kira-kira?

Klub sepak bola berlomba-lomba menghadirkan sebuah jersey teranyar dan termutakhir tiap musimnya dengan desain yang sangat bagus.

Tiap klub kemungkinan bakal merilis jersey pemain dan kiper untuk laga kandang, tandang, ketiga. Tak jarang jersey latihan juga dijual.

Para suporter tanpa ragu untuk membelinya guna mendukung klub secara penuh. Penjualan jersey ini juga bisa menjadi pemasukan untuk keuangan klub.

Dalam beberapa kesempatan, klub kerap menghadirkan jersey dengan desain khusus. Biasanya dipakai untuk sebuah pertandingan tertentu.

Tak jarang jersey tersebut dijual dengan terbatas. Sehingga tiap pembelinya akan merasa sangat spesial ketika berhasil mempunyainya.

Menariknya, sebagian klub sepak bola dunia ada yang menyajikan jersey bernuansa agama demi menghormati keyakinan tersebut dan alasan lainnya.

Sejauh ini diketahui ada dua klub sepak bola dunia yang merilis jersey dengan tema islami. Siapa saja klub tersebut? Simak.

1. Juventus

© Claudio Villa/Getty Images for Lega Serie A
Desain nama punggung jersey Juventus bernuansa islami kala tampil di Supercoppa Italia 2019. Copyright: Claudio Villa/Getty Images for Lega Serie ADesain nama punggung jersey Juventus bernuansa islami kala tampil di Supercoppa Italia 2019.

Wakil Liga Italia (Serie A) Juventus menjadi salah satu tim non-Arab yang pernah merilis jersey bernuansa islami sepanjang sejarah klub.

Juventus mengenakannya ketika hendak melakoni pertandingan puncak Piala Super Italia 2019 melawan Lazio di Arab Saudi, 12 Desember lalu.

Melihat lokasi bertanding itu, Juventus membuat sebuah terobosan unik dengan membuat jersey khusus bernuansa islami. Sungguh sebuah cerdikiawan.

Dimana Juventus mengemas nomor punggung dan nama pemain dengan alfabet atau kaligrafi arab yang dibuat oleh desainer Arab-Maroko Shaker Kashgari.

"Dengan pembuatan ini, tentunya kami ingin menghormati budaya setempat," kata Chief Revenue Officer Juventus Giorgio Ricci dinukil laman resmi klub.

Dilansir Football Italia, jersey bernuansa islami itu hanya diproduksi 500 buah saja. Laga tersebut berakhir 3-1 untuk kemenangan Lazio.

2. Persebaya Surabaya

© You Tube/Persebaya Store Official Merchandise
Desain nama dan nomor jersey Persebaya Surabaya bernuansa islami dalam merayakan anniversary ke-92. Copyright: You Tube/Persebaya Store Official MerchandiseDesain nama dan nomor jersey Persebaya Surabaya bernuansa islami dalam merayakan anniversary ke-92.

Kemudian ada klub sepak bola dari Indonesia, tepatnya wakil Jawa Timur, Persebaya Surabaya yang sempat mengeluarkan jersey bernuansa islami.

Persebaya meluncurkan jersey dengan tema islami kala merayakan hari ulang tahun ke-92, 18 Juni 2019 lalu. Tentu saja hal ini menjadi sebuah inovasi.

Jersey tersebut mengusung motif crocodile atau sisik buaya dengan pola gradasi garis horizontal dan dibalut alfabet atau kaligrafi arab.

Jersey tersebut tak digunakan untuk melakoni pertandingan Liga 1. Hanya sebagai penanda kalau Persebaya klub yang cukup kreatif dalam menghadirkan jersey.

Tiap tahunnya, Persebaya selalu meluncurkan jersey edisi khusus dalam menyambut hari jadinya. Hal ini kerap dimanfaatkan oleh Bonek untuk membelinya.