Bola Internasional

Asal-usul Darah Indonesia Jayden Houtriet, Wonderkid Vitesse Arnhem

Selasa, 26 Mei 2020 19:48 WIB
Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© instagram.com/jaydenhoutriet
Jayden Houtriet, wonderkid Vitesse Arnhem ini memiliki darah keturunan Indonesia dan Belanda. Copyright: © instagram.com/jaydenhoutriet
Jayden Houtriet, wonderkid Vitesse Arnhem ini memiliki darah keturunan Indonesia dan Belanda.

INDOSPORT.COM – Menjadi sebuah kebanggaan tersendiri  jika ada pemain Indonesia yang menembus jagat sepak bola Eropa. Rasa bangga itu mungkin muncul pula bila kita membahas sosok gelandang berusia 18 tahun bernama Jayden Houtriet.

Ya, nama Jayden Houtriet belakangan ini tengah diperbincangkan oleh para pencinta sepak bola Indonesia. Hal tersebut tak lepas dari dirinya yang memiliki darah Indonesia dengan postur tubuh Eropa dan membela klub Belanda, Vitesse Arnhem.

Itu diketahui melalui sebuah wawancara dengan salah satu pemain keturunan Indonesia di Belanda, Yussa Nugraha, di channel YouTube pribadinya. Kepada Yussa, remaja yang memiliki tinggi badan 1,89 meter ini mengatakan bahwa darah Indonesia yang ia miliki berasal dari Oma (nenek) dan Opa (kakek) dari pihak Mamanya.

“Darah Indonesia berasal dari Mama. Dia tidak lahir di Indonesia, tapi orang tua Mama, Opa dan Oma saya, lahir di Indonesia. Opaku dari Jakarta, Omaku dari Manado,” ucapnya menjelaskan.

Identitas Jayden Houtriet sebagai pemain berdarah Indonesia sejatinya telah terlihat dari akun Instagram pribadinya. Pada bagian biografi, Jayden Houtriet memasang gambar bendera Indonesia, bersanding dengan bendera Belanda.

© https://www.instagram.com/jaydenhoutriet/
Akun Instagram Jayden Houtriet, Pemain Keturunan Indonesia di Vitesse Copyright: https://www.instagram.com/jaydenhoutriet/Akun Instagram Jayden Houtriet, Pemain Keturunan Indonesia di Vitesse

Secara posisi bermain, Jayden Houtriet menurut data Transfermarkt terbiasa menempati sektor gelandang tengah. Hebatnya, Jayden Houtriet mampu memainkan tiga peran lini tengah, yakni gelandang tengah penyeimbang, gelandang bertahan, dan gelandang serang.

Lebih jauh, kiprah Jayden Houtriet sepanjang musim 2019/20 tergolong mendapatkan menit bermain reguler di Vitesse U-19. Jayden Houtriet total tampil 16 kali dengan sumbangsih dua gol.

Data yang menarik, adalah tentang peran Jayden Houtriet sepanjang musim 2019/20. Kemampuan Jayden Houtriet ternyata tak hanya beroperasi di lini tengah saja, tapi juga sudah empat kali dimainkan sebagai penyerang, dan dua kali menempati posisi winger.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%