Bola Internasional

5 Pemain yang Menjadi Legenda di Dua Klub Berbeda

Kamis, 28 Mei 2020 19:41 WIB
Editor: Juni Adi
© Mattia Ozbot/Soccrates/Getty Images
Selebrasi Pemain megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo. Copyright: © Mattia Ozbot/Soccrates/Getty Images
Selebrasi Pemain megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo.

INDOSPORT.COM - Sepak bola adalah salah satu olahraga emosional yang mengikat antara penggemar dan para pemainnnya. Tak heran jika pemain banyak yang dicintai oleh fans di satu klub.

Bahkan tidak sedikit yang akhirnya menjadi legenda dan ikon klub. Sayangnya, dalam dua dekade terakhir tidak banyak pemain yang memilih setia dengan satu klub.

Hal itu terjadi karena ada beberapa faktor, seperti tawaran gaji yang lebih besar atau memang kualitasnya sangat jempolan sehingga layak bermain di klub besar lain bersama para pemain bintang.

Jika berhasil, biasanya pemain tersebut akan dicintai oleh pendukungnya dan bahkan kerap dielu-elukan namanya, andai mampu memberikan banyak gelar.

Tak heran jika ada beberapa pemain yang mampu menjadi legenda dan dicintai oleh pendukung di dua klub berbeda. Siapa saja mereka?

1. Johan Cruyff

Bintang timnas Belanda ini melegenda di Ajax dan Barcelona. Pelopor dari Total Football ini bermain di Ajax selama 10 musim dengan meraih beberapa gelar di antaranya tiga gelar Piala Eropa berturut-turut.

Barcelona lantas tertarik memakai jasanya baik sebagai pemain maupun sebagai pelatih. Gaya permainan Barca dengan khasnya tiki-taka tak lepas dari sentuhan gaya Johan Cruyff.

2. Andrea Pirlo

Andrea Pirlo dicintai di dua klub yaitu Juventus dan AC Milan. Memang banyak yang mengira dia justru mengorbit bersama Juventus.

Namun jangan salah, karena Pirlo juga telah bermain lebih dari 400 laga bersama AC Milan dan menyumbangkan sejumlah gelar antara lain Serie A dan dua gelar Liga Champions.

Pirlo dicintai oleh dua klub Liga Italia yang saling bersaing dan tak pernah dianggap ‘pengkhianat’.

3. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane memang punya sihir di klub yang ia bela. Bintang timnas Prancis ini sangat dicintai oleh  Juventus dan Real Madrd

Zidane adalah paket komplit seorang pesepakbola. Sukses menjadi pemain dan pelatih. Bersama Juventus Zidane membantu si Nyonya Tua meraih dua gelar Serie A dengan lebih dari 200 laga sebelum akhirnya ia bergabung dengan Real Madrid yang saat itu memecahkan rekor transfer. 

Sebagai pemain termahal saat itu, Zidane berhasil memenuhi harapan dengan membantu Los Blancos meraih sejumlah trofi, termasuk Liga Champions hingga akhirnya dia pensiun di Bernabéu pada 2006.

4. Cristiano Ronaldo

Bintang Juventus Cristiano Ronaldo dicintai oleh dua fans dari Man United dan Real Madrid. Bintang timnas Portugal tumbuh dan saling membesarkan di kedua tim ini. 

Bahkan bisa jadi Ronaldo bakal menjadi legenda di 3 klub karena fans Juventus juga sangat mencintainya.

Fans Man United sangat mencintainya setelah Cristiano Ronaldo muda membantu Setan Merah meraih beberapa trofi penting.

Pada saat dia meninggalkan Inggris pada musim panas 2009, dia telah memenangkan setiap trofi domestik, Liga Champions dan Ballon d'Or.

Ronaldo bahkan lebih sukses saat hijrah ke Real Madrid, di mana dia menambahkan empat koleksi Ballon d'Ors dan membantu Los Blancos meraih empat gelar Liga Champions UEFA yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam lima tahun; tiga di antaranya berturut-turut.

5. Edwin van der Sar

Sama seperti Johan Cruyff, Edwin van der Sar memulai karirnya di Ajax. Dirinya adalah kiper di masa keemasan Ajax yang saat itu juga diperkuat pemain seperti Clarence Seedorf, Patrick Kluivert, Frank de Boer, dan Edgar Davids.

Dia bermain lebih dari 300 pertandingan untuk Ajax, memenangkan empat gelar Eridivisie, tiga Piala KNVB, Piala UEFA dan Liga Champions UEFA. Dengan deretan gelar yang ada membuatnya tak diragukan lagi telah menjadi legenda Ajax.

Sempat berlabuh ke sejumlah klub seperti Juventus dan Fulham namun akhirnya ia melegenda di Manchester United dengan menyumbangkan sejumlah gelar termasuk gelar Liga Champions pada 2008.