Bola Internasional

Lionel Messi Terancam Kalah Tarung Lawan Cristiano Ronaldo

Kamis, 28 Mei 2020 07:52 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Isman Fadil
© Getty Images
Perseteruan dua mega bintang sepak bola dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo hampir mencapai klimaks karena mereka sudah memasuki usia senja. Copyright: © Getty Images
Perseteruan dua mega bintang sepak bola dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo hampir mencapai klimaks karena mereka sudah memasuki usia senja.

INDOSPORT.COM - Perseteruan dua mega bintang sepak bola dunia, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo hampir mencapai klimaks karena mereka sudah memasuki usia senja.

Lionel Messi saat ini sudah berusia 33 tahun dan masih menjadi tumpuan bagi klub raksasa Laliga Spanyol, Barcelona. Usia yang setiap pesepakbola sudah mulai memikirkan masa pensiun.

Walaupun Messi belum memutuskan akan berapa lama dia bisa bermain untuk Barcelona, tapi pemain timnas Argentina itu mengisyaratkan tetap mampu bermain lebih lama lagi.

Meskipun begitu, banyak yang meragukan kemampuan Messi bersama Blaugrana, klub yang selalu menuntut pemainnya berada dalam performa terbaik di level tertinggi setiap saat. 

Sedangkan di Italia, bersama Juventus, Cristiano Ronaldo bisa membuktikan kualitasnya meski sudah memasuki usia 35 tahun. Ia menunjukkan kemampuannya di level tertinggi dan diprekdisi akan bermain sepak bola lebih lama lagi.

Sepak terjang Messi di level teratas dipertanyakan karena badai cedera yang mulai menyerangnya. Di awal musim 2018/19, La Pulga harus absen selama dua bulan akibat cedera paha. Sempat bermain pada September 2019, peraih Ballon d'Or lima kali itu harus kembali menepi karena cedera otot kaki kiri.

Dilansir dari Marca, Lionel Messi memang sudah harus memikirkan untuk cabut dari Camp Nou dan berkompetisi di luar Eropa yang sedikit lebih 'santai' seperti Major League Soccer (MLS) atau Liga Super Argentina. Pemain didikan asli akademi La Masia itu juga mengakui kalau kondisi tubuh di usia kepala tiga tidak bisa dipaksa bekerja lebih jauh. 

"Kondisi tubuh yang Anda miliki (saat berusia 30 tahun) ada yang mengatur dan ada keadaan dimana Anda harus lebih berhati-hati daripada sebelumnya. Beradaptasi dengan hal itu membutuhkan proses dan persiapan yang berbeda untuk berlatih dan bertanding. Saya memilih untuk lebih waspada terhadap hal ini," kata Messi pada September 2019 lalu.