Liga Spanyol

Gila! Barcelona Habiskan 9 Triliun Rupiah Buat Cari Partner Messi dan Suarez

Jumat, 29 Mei 2020 11:40 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© AFP
Demi mencari pasangan yang pas untuk Lionel Messi dan Luis Suarez, klub LaLiga Spanyol, Barcelona, ternyata sudah menghabiskan dana nyaris 9 triliun Rupiah. Copyright: © AFP
Demi mencari pasangan yang pas untuk Lionel Messi dan Luis Suarez, klub LaLiga Spanyol, Barcelona, ternyata sudah menghabiskan dana nyaris 9 triliun Rupiah.

INDOSPORT.COM – Demi mencari pasangan yang pas untuk Lionel Messi dan Luis Suarez, klub LaLiga Spanyol, Barcelona, ternyata sudah menghabiskan dana nyaris 9 triliun Rupiah. Termasuk Coutinho dan Dembele, sejumlah pemain yang direkrut nyatanya masih jauh dari harapan.

Real Madrid pernah memiliki tiga pemain yang diandalkan di lini depan untuk mengobrak-abrik pertahanan lawan. Tiga pemain itu yakni Cristiano Ronaldo, Gareth Bale dan Karim Benzema.

Liverpool sampai saat ini masih diperkuat oleh trisula mematikan yakni Roberto Firmino, Sadio Mane dan Mohamed Salah.

Barcelona, sementara itu, berkali-kali gagal membentuk lini depan memainkan dengan mengawinkan tiga pemain berkualitas. Mereka sejatinya sudah punya dua penyerang andalan, Lionel Messi dan Luis Suarez.

Lionel Messi merupakan salah satu pemain terbaik di dunia dengan segudang prestasi, sedangkan Suarez menjadi pencetak gol terbanyak lewat kemampuannya yang tak terbendung.

Namun, Barcelona sampai sekarang belum memiliki satu pemain yang pas guna melengkapi kekuatan Messi dan Suarez. Barcelona sejatinya tak putus usaha mendatangkan pemain yang dimaksud.

Bahkan, menurut laporan The Sun Sport, raksasa Catalan itu sudah menggelontorkan dana sekitar 508 juta pounds atau Rp9,2 triliun untuk membeli pemain sejak kedatangan Suarez pada 2014 silam.

Diawali dengan Arda Turan pada tahun 2015, kemudian Paco Alcacer di tahun 2016, hingga Ousmane Dembele yang sempat jadi sorotan karena harganya yang selangit, yakni 135 juta pounds di tahun 2017.

Barcelona pernah merekrut Gerard Deulofeu sebelum akhirnya menandatangani pemain rekor dunia, Philippe Coutinho. Kala itu klub rela menebus sang pemain dengan nilai 142 juta pounds atau Rp2,5 triliun dari Liverpool pada Januari 2018 silam.

Meski bersinar di bawah bendera The Reds, striker asal Brasil itu gagal membuktikan nilainya. Selama dua musim di Camp Nou dia hanya mengemas 21 gol dalam 76 pertandingan.

Coutinho akhirnya dipinjamkan ke Bayern Munchen. Namun, performanya tak jauh berbeda yang membuat Bayern enggan mempermanenkan sang pemain.

Barcelona sempat menaruh harapan pada Malcom yang direkrut dengan nilai murah (37 juta pounds), dan menjajal pemain gratisan Kevin-Prince Boateng.

Saking putusnya harapan mencari pendamping Messi dan Suarez, Barcelona akhirnya memberanikan diri memboyong Antoine Griezmann yang cemerlang di Atletico Madrid, dengan nilai 108 juta pounds.

Sayang sekali, semua pemain di atas tidak mampu mewujudkan harapan tinggi klub untuk mengimbangi permainan berkelas Messi dan Suarez di lini depan. Malahan, mereka cenderung melempem dan kadang terhalang cedera.

Di musim panas ini, Barcelona akan mencoba sekali lagi. Klub yang kini ditangani Quique Setien itu menargetkan bintang Inter Milan, Lautaro Martinez, untuk mengisi kekosongan di lini depan.

Selain itu, Barcelona juga menaruh harapan pada jebolan skuat muda, Ansu Fati, yang sejauh ini mengalami peningkatkan performa cukup pesat.

Nah, menarik untuk dilihat apakah dua pemain itu bisa menjadi rekan tandem yang pas bagi Messi dan Suarez, ataukan akan bernasib sama dengan Dembele, Malcom dan Coutinho?