Bola Internasional

Tak Ada New Normal, Vietnam Sukses Hadirkan 10 Ribu Fan Sepak Bola

Jumat, 29 Mei 2020 10:09 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Vietnam menjadi negara Asia Tenggara pertama yang sukses kembali menggelar pertandingan sepak bola di tengah ancaman wabah virus corona. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Vietnam menjadi negara Asia Tenggara pertama yang sukses kembali menggelar pertandingan sepak bola di tengah ancaman wabah virus corona.

INDOSPORT.COM - Vietnam menjadi negara Asia Tenggara pertama yang sukses kembali menggelar pertandingan sepak bola di tengah ancaman wabah virus corona.

Hebatnya, laga yang digelar pada Sabtu (23/5/2020) lalu, di ajang Piala Vietnam antara Nam Dinh kontra Hoang Anh Gia Lai dihadiri oleh 10 ribu suporter.

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) pun disitus resminya memberikan pujian kepada Vietnam karena telah sukses menggulirkan kembali kompetisi domestik.

"Pertandingan sepak bola kembali di Vietnam minggu lalu yang melibatkan beberapa pertandingan Piala Nasional. Ini membuat Vietnam menjadi negara Asia Tenggara pertama yang mengadakan pertandingan sepak bola di tengah pandemi," tulis laman resmi AFC.

Sebelumnya, Korea Selatan menjadi negara pertama yang menggulirkan kompetisi domestik. Kemudian, dari Eropa ada Jerman yang kembali menggelar kompetisi Bundesliga.

Namun, kedua negara tersebut tetap mentaati aturan dari pemerintah yaitu dengan menggelar laga tanpa penonton. Berbeda dengan Vietnam yang tidak mengenal istilah new normal hingga bebas membiarkan warga berkeliaran.

Vietnam benar-benar berhasil dalam mengendalikan pandemi virus corona. Berdasarkan data dari pemerintah, hingga saat ini Vietnam mencatatkan nol kematian akibat Covid-19.

Dengan kembali digelarnya kompetisi domestik, maka Vietnam bakal bisa lebih cepat dalam mempersiapkan tim nasional di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 dan Piala AFF 2020.