Liga Spanyol

Lakukan Dosa Layaknya Lionel Messi, Diego Costa Terancam Dibui

Sabtu, 30 Mei 2020 14:49 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Soccrates Images/GettyImages
Di tengah kabar LaLiga Spanyol akan kembali bergulir, Atletico Madrid diterpa apes. Diego Costa terancam dibui usai lakukan dosa layaknya Lionel Messi. Copyright: © Soccrates Images/GettyImages
Di tengah kabar LaLiga Spanyol akan kembali bergulir, Atletico Madrid diterpa apes. Diego Costa terancam dibui usai lakukan dosa layaknya Lionel Messi.

INDOSPORT.COM - Di tengah kabar LaLiga Spanyol akan kembali bergulir, Atletico Madrid diterpa kabar kurang membahagiakan. Diego Costa terancam dibui usai lakukan dosa layaknya Lionel Messi.

Sebelum memiliki nama besar seperti sekarang ini, kehidupan Messi sejatinya tak sempurna karena sempat tersandung kejahatan. Kapten Barcelona itu terbukti pernah lakukan penggelapan pajak terhadap pemerintah Spanyol pada 2017 lalu.

Pemain berjulukan La Pulga itu terbukti bersalah usai tak membayar pajak dengan sang ayah, Jorge senilai 4,1 juta euro (Rp66 miliar). Hal ini pun sempat buat nasib megabintang asal Argentina itu bakal tinggalkan Barcelona sekaligus Spanyol.

Setali tiga uang dengan nasib Messi, kini Costa pun menghadapi skandal serupa yang buat dirinya terancam merasakan dinginnya jeruji penjara. Dilansir laman berita Sky Sports, 'Monster' Atletico Madrid ini dituduh menggelapkan pajak senilai 1 juta euro (Rp16 miliar).

Dugaan tindakan kriminal ini berawal dari keengganannya untuk melaporkan pembayaran lebih dari 5,15 juta euro (Rp88 miliar) sejak pindah dari Chelsea 2014 lalu. Kesialan kembali menyertainya ketika dilaporkan juga telah memalsukan gambar sesuai undang-undang hak cipta senilai 1 juta euro (Rp16 miliar).

Akan tetapi layaknya Messi, Costa bisa saja bebas dari hukum dengan cara menebus denda yang telah berlaku. Striker Barcelona tersebut sukses terlepas dari hukuman pidana setelah membayar 252 ribu euro (Rp4 miliar) ke otoritas tertinggi Negeri Matador.

Costa bisa meniru cara Messi agar terbebas dari ancaman hukuman di bawah dua tahun dengan cara membayar denda 36 ribu euro (Rp585 miliar). Pihak kejaksaan sendiri sempat mengancam hukuman enam bulan penjara bagi sang bintang Los Rojibalcos ini.

Pengadilan Spanyol dikabarkan bakal lakukan sidang terkait kasus Costa pada 4 Juni nanti, tepat seminggu sebelum berlangsungnya lagi LaLiga Spanyol. Jika dirinya enggan membayar, bukan tidak mungkin pemain asal Brasil ini akan lewatkan musim akibat kesalahannya sendiri.