Liga Spanyol

Tak Hanya Penyerang Barcelona, Messi Bisa Isi Posisi Tak Terduga Ini

Jumat, 29 Mei 2020 16:22 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Alex Caparros/GettyImages
Selain sebagai penyerang Barcelona, Lionel Messi ternyata bisa isi posisi playmaker layaknya Xavi. Copyright: © Alex Caparros/GettyImages
Selain sebagai penyerang Barcelona, Lionel Messi ternyata bisa isi posisi playmaker layaknya Xavi.

INDOSPORT.COM - Raksasa LaLiga Spanyol, Barcelona, beruntung masih memiliki sosok Lionel Messi dalam skuatnya. Selain ampuh berposisi sebagai penyerang, ada posisi tak terduga yang bisa diisi La Pulga.

Menurut mantan asisten pelatih Pep Guardiola, Domenec Torrent, Barcelona bisa saja posisikan Messi sebagai pengganti Xavi. Alhasil bintang asal Argentina itu bakal cocok berposisi sebagai gelandang.

Sebelum putuskan pensiun dan jadi pelatih klub Al Sadd, Xavi merupakan playmaker andal Barcelona yang tak hanya sumbangkan gelar LaLiga Spanyol, melainkan juga trofi Eropa. Torrent pun menyebut Messi bisa gantikan posisi sang legenda karena diberkahi pola permainan jenius.

"Dia (Messi) ada pemain yang paling pintar karena sering bisa bermain kedalam dan dengan mudahnya menerima bola. Dalam beberapa kesempatan terbukti dia mampu mengisi posisi Xavi berkat pemberian assist dan penguasaan bola yang luar biasa," tutur Torrent dilansir Mirror.

"Jika dia bermain di posisi terdalam dengan dalih kehilangan kecepatan, maka Messi juga bisa berposisi sebagai gelandang tengah atau apapun itu yang menurutnya bagus di lapangan," tambahnya lagi.

Saat masih berseragam Blaugrana, kecerdikan Xavi membuatnya didapuk sebagai kapten tim. Berkat posisi pentingnya itu tak heran Barcelona sempat memiliki masa-masa keemasan hingga tak terkalahkan di LaLiga Spanyol saat ditukangi Guardiola.

Setelah era itu, Messi pun ditunjuk sebagai komando skuat utama Barcelona dan terbukti jika dirinya belajar banyak hal dari Xavi. Tak hanya karena memiliki bakat kepemimpinan, winger La Albiceleste memiliki banyak kemampuan sehingga pantas dinobatkan serbabisa.

Seperti kata Torrent, Messi tergolong merupakan pemain yang tak hanya punya kapasitas menyerang, melainkan juga memberikan assist ke rekan tim di Barcelona. Statistik membuktikan selain mencetak total 627 gol, pemain berusia 32 tahun ini telak sukses sumbangkan 261 assists dalam 718 laga penampilan.  

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%