Bola Internasional

Apa Kabar Nadiem Amiri? Wonderkid Muslim Jerman di Piala Eropa U-21

Minggu, 31 Mei 2020 13:05 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Giuseppe Maffia/NurPhoto via Getty Images
Wonderkid muslim Timnas Jerman Nadiem Amiri sempat menjadi perhatian di Piala Eropa U-21 tahun lalu. Bagaimana kabanya sekarang? Copyright: © Giuseppe Maffia/NurPhoto via Getty Images
Wonderkid muslim Timnas Jerman Nadiem Amiri sempat menjadi perhatian di Piala Eropa U-21 tahun lalu. Bagaimana kabanya sekarang?

INDOSPORT.COM - Wonderkid muslim Timnas Jerman Nadiem Amiri sempat menjadi perhatian di Piala Eropa U-21 tahun lalu. BAgaimana kabanya sekarang?

Jerman U-21 tak kuasa menahan ketangguhan Timnas Spanyol U-21 dalam partai final Piala Eropa U-21 2019, Senin (01/07/19). Jerman kalah dengan skor 1-2 dari Spanyol akibat gol dari Fabian Ruiz dan juga Dani Olmo. Sementara satu gol balasan Jerman diciptakan gelandangnya Nadiem Amiri.

Buat Amiri, meski gagal membawa negaranya juara, keberhasilannya mencetak gol di partai final saat itu semakin menunjukan kualitasnnya sebagai pemain yang sangat menjanjikan ke depannya.

Baru berusia 22 tahun saat itu, Nadiem Amiri lahir di Ludwigshafen am Rhein, Jerman 27 Oktober 1996. Ia merupakan pemuda yang lahir dari orang tua beragam Islam yang berasal dari Afganistan. Kedua orang tuan Nadiem merupakan transmigran yang hijrah ke Jerman saat berkecamuk perang di Afganistan pada tahun 80-an silam.

Lahir di Jerman, Nadiem pun berhak membela negara berjuluk Tim Panser itu. Dengan kualitasnya, bahkan Nadiem sudah dipanggil memperkuat Jerman sejak tim U-18 di tahun 2013.

Karier pemain yang kini memperkuat klub TSG Hoffenheim itupun terus meningkat, sehingga dirinya tak pernah absen memperkuat Timnas Jerman di jenjang level umur U-19, U-20, dan U-21.

Mencatatkan 49 caps dan 8 gol di tim junior Jerman dalam beberapa rentang usia, Nadiem hingga kini belum sekalipun merasakan berseragam tim senior Jerman. Fakta tersebut juga membuatnya tak menutup peluang untuk Timnas Afganistan, yang suatu saat nanti mungkin saja menjadi pilihannya di level senior.

"Saya ingin menjadi pemain Timnas senior di Jerman, hanya itu tujuan saya. Namun jika suatu saat saya berusia 28 atau 29 tahun dan tidak mendapatkan kesempatan di sini (Timnas Jerman), maka mungkin saya akan bermain untuk Afghanistan," ungkap Nadiem seperti dilansir Sportbuzzer.

Sukses di level junior Timnas, di level klub Nadiem juga menjadi pemain yang sangat diandalkan Hoffenheim. Bersama klub satu-satunya sepanjang karier profesionalnya itu, Nadiem telah bermain 106 kali di Bundesliga Jerman dan bisa menciptakan total 11 gol dan 13 assist.

Apa Kabar Nadiem Amiri?

Selepas tampil bagus di Piala Eropa U-21 itu, dari banyaknya tawaran, Nadiem Amiri akhirnya memilih untuk pindah ke sesame klub Bundesliga Jerman, Bayer Leverkusen. Dengan bandrol 17 juta Euro,tak sulit buat Nadiem merebut satu tempat di lini tengah  bersama Bayer Leverkusen.

Sepanjang musim 2019/20 ini dirinya bisa mencatatakan total 23 penampilan. Meski sayangnya secara jumlah gol, jauh menurun dari kala dirinya berseragam Hoffenheim, yakni baru mencetak satu gol, ditambah lima assists di Bundesliga Jerman.

Jika dilihat secara umum, penampilan Nadiem Amirin memang cenderung menurun bersama Bayer Leverkusen meski tak terlalu mencolok.  Hal itu bisa dilihat juga dari menurunnya harga pasar Nadiem, yang sempat menyentuh angka 20 juta Euro di bulan Oktober 2019, kini justru turun hanya menjadi 16 juta Euro. Hal itu membuat harganya kini lebih rendah dari saat Bayer Leverkusen membelinya dari Hoffenheim.

Meski sedikit menurun, keberuntungkan tetap ada buat Nadiem Amiri. Kala berseragam Bayer Leverkusen inilah dirinya akhirnya dipanggil oleh Timnas Senior Jerman.

Nadiem Amiri akhirnya menjalani debut pada 9 Oktober 2019 kala melawan Argentina di laga persahabatan. Dan sejauh ini Nadiem Amiri total sudah tiga kali bermain untuk Timnas Jerman, kendati semuannya di mulai dari bangku cadangan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%