Liga Spanyol

Merasa Frustasi, Lionel Messi Akui Ingin Tinggalkan Barcelona

Minggu, 31 Mei 2020 08:19 WIB
Editor: Yohanes Ishak
© Eric Alonso/GettyImages
Pemain megabintang Barcelona, Lionel Messi. Copyright: © Eric Alonso/GettyImages
Pemain megabintang Barcelona, Lionel Messi.

INDOSPORT.COM – Kabar mengejutkan datang dari pemain megabintang klub LaLiga Spanyol, Barcelona, Lionel Messi yang mengaku ingin hengkang dari klub masa kecilnya tersebut.

Dilansir dari Mirror, Messi menegaskan jika dirinya pernah punya tekad yang kuat untuk pergi dari Barcelona pada tahun 2016 lalu.

Keinginan pemain ber-KTP Argentina itu untuk pergi dari Barcelona bukan karena tak betah atau bertikai dengan penggawa Barca lainnya, melainkan karena urusan pajak di Spanyol yang melibatkan dirinya dengan sang ayah, Jorge Messi.

Kala itu, Lionel Messi dan ayahnya mendapat tuduhan bersalah karena diduga melakukan penggelapan pajak yang membuatnya terancam hukuman penjara selama 21 bulan disertai dengan denda yang tidak sedikit.

“Saat itu keadaan benar-benar sangat kacau dalam keuangan, saat itu juga saya bertekad untuk pergi, tapi bukan niatan meninggalkan Barca, melainkan pergi dari Spanyol,” imbuh Messi kepada RAC1.

“Sayangnya, kala itu saya sama sekali tidak mendapat tawaran resmi karena semua klub tahunya saya betah di sini dan tekad saya untuk menghabiskan karier di Barcelona.”

© Pool/GettyImages
Lionel Messi dan ayahnya, Jorge Messi saat disidang karena berurusan dengan pajak di Spanyol Copyright: Pool/GettyImagesLionel Messi dan ayahnya, Jorge Messi saat disidang karena berurusan dengan pajak di Spanyol

“Saya merasa diperlakukan dengan sangat buruk dan sangat sulit bagi saya dan keluarga untuk bertahan lebih lama di sini,” tandas Messi.

Sebelumnya juga tersiar kabar jika pada musim panas nanti, pemain berusia 32 tahun itu bakal pindah ke klub lain karena dampak dari perselisihannya dengan pejabat klub, seperti Eric Abidal dan tim manajemen yang memecat Ernesto Valverde dari kursi pelatih.

Bahkan sempat tersiar kabar yang menyebut jika Messi bersedia bergabung ke klub Liga Inggris, Manchester City untuk bekerjasama dengan mantan pelatihnya, Pep Guardiola.

© Michael Regan/GettyImages
Pep Guardiola, pelatih Manchester City. Copyright: Michael Regan/GettyImagesPep Guardiola, pelatih Manchester City melarang Lionel Messi untuk tinggalkan Barcelona.

Beruntung bagi Barca karena Guardiola menolaknya. Meski Messi merupakan anak emasnya saat masih melatih di Blaugrana, Pep menegaskan jika Barcelona merupakan klub yang tepat untuk pemain berjuluk La Pulga tersebut.

Selesai sampai di situ? Tidak, karena Messi juga masih dikabarkan bakal dipinang oleh Inter Milan agar bisa bersaing kembali dengan rival seterunya dari Juventus, Cristiano Ronaldo.

Sayangnya, tidak ada kesepakatan yang terjadi dan Messi pun dikabarkan sudah berdamai dengan Abidal maupun para pejabat Barcelona lainnya.

“Pada hari ini, saya dan keluarga telah memutuskan untuk mengakhiri karier saya di sini, di Barcelona. Itu karena perasaan saya dengan klub ini, ramahnya kota ini untuk anak-anak saya, dan hubungan yang baik dengan masyarakat setempat,” tutup Lionel Messi.

Messi bagian dari akademi Barcelona, LA Masia di tahun 2001 hingga 2004, di mana pada musim 2004-2005 dirinya melakukan debut bersama tim senior dan hingga sekarang dipercaya menjadi pemain inti.

Kurang lebih hampir 16 tahun lamanya bersama Barcelona, Lionel Messi turut menyumbangkan sejumlah gelar bergengsi seperti, 10 gelar LaLiga, 6 gelar Copa del Rey, 8 Piala Super Spanyol, 4 Liga Champions, serta 3 Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antar klub.