Bola Internasional

Anak Rivaldo Buka Peluang ke ASEAN, Klub Liga 1 Berminat?

Senin, 1 Juni 2020 08:57 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© ESPNFC
Anak dari sosok legenda Timnas Brasil Rivaldo, Rivaldinho dikabarkan tertarik untuk bermain di ASEAN atau Asia Tenggara. Copyright: © ESPNFC
Anak dari sosok legenda Timnas Brasil Rivaldo, Rivaldinho dikabarkan tertarik untuk bermain di ASEAN atau Asia Tenggara.

INDOSPORT.COM – Anak dari sosok legenda Timnas Brasil Rivaldo, Rivaldinho dikabarkan tertarik untuk bermain di ASEAN atau Asia Tenggara. Apakah klub Liga 1 berminat?

Dilansir dari baomoi, sebenarnya Rivaldinho sudah mendapatkan tawaran bermain di klub tertinggi Liga Vietnam, Ho Chi Minh City FC.

Namun Rivaldinho menganggap kompetisi mereka masih belum baik. Pemain yang saat ini masih berusia 25 tahun tersebut lebih memilih negara Asia Tenggara lainnya.

Padahal, Ho Chi Minh City FC dikabarkan siap untuk memberikan gaji sangat besar yakni 500 ribu dollar atau setara 7 miliar rupiah per tahun.

Kini Rivaldinho masih menunggu klub ASEAN lainnya yang siap untuk mengontraknya dengan gaji besar. Melihat kontrak tersebut, mungkin hanya beberapa klub raksasa ASEAN yang berpeluang mendapatkannya.

"Rivaldinho tidak mau bermain di Vietnam kerana beliau kini berada pada fasa pembangunan dalam kariernya," kata agen Rivaldinho dilansir dari baomoi.

"Akan tetapi, beliau sedia untuk mempertimbangkan tawaran yang datang daripada kelab Jepun, Korea Selatan, Malaysia dan juga Thailand. Vietnam bukanlah pilihan utamanya," tambahnya

Alasan ia ingin ke Asia karena memang Karir Rivaldinho tidak seindah Rivaldo. Pemain berusia 25 tahun itu gagal bersinar ketika beraksi di Liga Brasil, Romania hingga Bulgaria.

ASEAN sendiri memang telah menjadi destinasi terakhir bagi para pemain Brasil. Indonesia pun menjadi salah satu negara yang paling gemar merekrut pemain Negeri Samba.

Bukan tidak mungkin jika klub-klub Liga 1 Indonesia juga akan bersaing untuk mendapatkan tanda tangan anak legenda Barcelona tersebut.

Agen Rivaldinho sendiri memang tidak menyebutkan Indonesia sebagai destinasi sang klien. Namun jika tak ada tawaran dari klub ASEAN lain, maka bisa saja ia tampil di Liga 1.

Akan tetapi, klub Liga 1 sendiri harus mengeluarkan dana besar untuk bisa memboyong Rivaldinho ke tanah air. Dengan begitu, hanya klub-klub kaya Liga 1 yang bisa mendatangkannya.

Meski begitu, Rivaldinho sendiri tak akan semudah itu mendapatkan kontrak di Indonesia. Mengingat, tradisi klub Liga 1 yang kerap kali memberlakukan trial terlebih dahulu kepada pemain asing sebelum disodorkan kontrak.

Artinya, Rivaldinho harus membuktikan diri terlebih dahulu bisa bersaing dan beradaptasi di sepak bola Indonesia. Barulah klub Liga 1 berani membayar sang pemain.

Klub Liga 1 sendiri memang sedikit berhati-hati dalam merekrut pemain asing. Mereka seakan belajar dari kesalahan Persib Bandung yang mengutamakan nama besar.

Seperti yang diketahui, Persib berhasil mendatangkan dua bintang dunia pada Liga 1 2017, yakni Michael Essien dan Cartlon Cole.

Sayangnya, penampilan kedua mantan bintang Liga Inggris tersebut masih jauh dari ekspektasi manajemen Maung Bandung. Alhasil Essien dan Cole tak bertahan lama.

Berkaca dari hal tersebut, maka tidak akan mudah bagi Rivaldinho untuk tampil di Liga 1, meski dirinya seorang anak dari legenda Brasil, Rivaldo.