Bola Internasional

3 Pemain Inggris yang Bisa Dilampaui Jadon Sancho di Bundesliga

Selasa, 2 Juni 2020 17:46 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Semakin luar biasa bersama Borussia Dortmund, Jadon Sancho bisa lampaui capaian sukses para pemain Inggris di Bundesliga Jerman. Copyright: © Getty Images
Semakin luar biasa bersama Borussia Dortmund, Jadon Sancho bisa lampaui capaian sukses para pemain Inggris di Bundesliga Jerman.

INDOSPORT.COM – Semakin luar biasa bersama Borussia Dortmund, Jadon Sancho bisa lampaui capaian sukses para pemain Inggris di Bundesliga Jerman.

Jadon Sancho semakin menunjukan kualitas luar biasanya bersama Borussia Dortmund di Bundesliga Jerman musim ini. Terbaru, pemain asal Inggris itu berhasil menorehkan hattrick pertamanya untuk Dortmund dalam laga melawan Paderborn, Minggu (31/05/20).

Dengan catatan itu, Sancho kini total telah mengemas 30 gol dan 38 asissts hanya dalam 73 pertandingan di Bundesliga bersama Borussia Dotmund.

Catatan itu jelas merupakan suatu yang spesial di saat usianya baru menginjak 20 tahun. Terlebih dengan apa yang digapainnya saat ini, Jadon Sancho terhitung telah sukses melampaui capain karier beberapa bintang sepak bola asal Inggris yang pernah merumput di Bundesliga Jerman.

Siapa saja mereka? Berikut redaksi berita olahraga INDOSPORT merangkumkan.

Owen Hargreaves

Jauh sebelum kehadiran Jadon Sancho di Bundesliga Jerman, ada Owen Hargreaves yang muncul dari tim junior Bayern Munchen hingga bisa menembus skuat senior.

Jika dibanding Sancho, dalam raihan prestasi gelar juara, Owen Hargreaves jelas unggul jauh lewat empat gelar Bundesliga Jerman, dan satu gelar Liga Champions sepanjang tahun 2000 hingga 2007 berseragam Bayern Munchen.

Namun dalam olok ukur prestasi individu, apa yang digapai Owen Hargreaves selama tujuh musim bersama Bayern Munchen jelas akan dengan mudah akan atau bahkan sudah dilampaui Jadon Sancho saat ini.

Sebab dalam rentan waktu itu Owen Hargreaves hanya mampu mencatatkan 145 caps dan total 5 gol sebagai gelandang. Hasil itu didapatnya lantaran lebih banyak duduk di bangku cadangan atau menepi karena cedera.

Tony Woodcock

Mundur ke era 1980-an, ada nama Tony Woodcock sebagai salah satu pemain asal Inggris, yang bisa meraih kesuksesan di tanah Jerman.

Saat itu Tony Woodcock datang ke Jerman dengan statusnya sebagai pemain yang baru saja membawa Nottingham Forest menjuarai European Cup atau nama Liga Champions di musim 1978/1979. Selain juga di musim 1977/78 Tony Woodcock juga merupakan pemain muda terbaik Liga Inggris.

Di Bundesliga Jerman, Tony Woodcock memperkuat klub FC Koln sejak musim 1979/80. Meski tak sesukses seperti ketika di Nothingham Forest, bersama FC Koln capaian Tony Woodcock  juga tak bisa dipandang sebelah mata dengan 28 gol dalam 81 penampilan hingga musim 1981/82.

Berduet dengan Dieter Mueller di lini depan FC Koln, Tony Woodcock cukup berhasil dengan sempat membawa FC Koln keluar sebagai runner up Bundesliga Jerman di musim terakhirnya sebelum kembali ke Inggris.

Pada tahun 1986, Tony Woodcock sempat kembali ke Jerman dan memperkuat FC Koln untuk kali kedua. Sebelum akhirnya hijrah ke Fortuna Koln, sampai pensiun di musim 1990.

Meski cukup sukses, capaian Woodcock dengn 28 golnya itu, jelas sudah mampu dilampaui Jadon Sancho bersama Borussia Dortmund saat ini.

Kevin Keegan

Terakhir ada nama pemain asal Inggris yang juga merupakan penyerang legenda klub Liga Inggis Liverpool, Kevin Keegan.

Usai meraih kesuksesan luar biasa bersama Liverpool, Kevin Keegan mulai hijrah ke Bundesliga Jerman pada tahun 1977 dengan memperkuat klub SV Hamburg.

Bersama SV Hamburg, taji penyerang yang kini telah menjadi salah satu pelatih kenamaan di Inggris itu juga terhitung cukup sukses.

Bertahan selama tiga musim di Jerman dengan total 90 penampilan, Kevin Keegan mampu menyumbangkan sebanyak 32 gol buat SV Hamburg.

Capaian itu memang masih sedikit lebih banyak dari apa yang digapai Jadon Sancho saat ini. Namun dengan musim Bundesliga 2019/20 yang masih berjalan, rasannya tak akan sulit buat Sancho melampaui raihan Kevin Keegan.

Satu yang mungkin agak sulit buat Jadon Sancho utnuk bisa melebihi capaian Kevin Keegan. Pendahulunya itu bisa menyumbangkan satu gelar juara Bundesliga buat SV Hamburg di musim 1978/79. Sekaligus membawa gelar individu sebagai pemain terbaik dunia atau Ballon d’Or di dua tahun berturut saat itu (1978 dan 1979).