Liga Inggris

Termasuk Ighalo, Ada 4 Pemain Bintang Afrika yang Pernah Perkuat Man United

Selasa, 2 Juni 2020 16:47 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris Manchester United adalah satu dari banyaknya tim sepak bola terbesar di dunia. Dengan lebel namanya yang sudah dikenal banyak orang, mereka tentu saja tidak sedikitpun kesulitan dalam mencari pemain sepak bola.

Bagi para pemain sepak bola, nama Manchester United pun menjadi tujuan mereka untuk bisa berseragam Setan Merah dan bermain di Olad Trafford Stadium.

Banyak pemain sepak bola yang pernah bermain di Manchester United. Salah satunya pemain yang berasal dari benua Afrika. Meski tak banyak, klub asuhan Ole saat ini juga pernah mencetuskan pemain berbakat asal Benua Hitam (Julukan Benua Afrika).

Mereka berasal dari Pantai Gading, Angola, Senegal, Kamerun, Afrika Selatan dan Nigeria. Salah satu negara tersebut yang paling banyak bermain di Manchester United adalah Pantai Gading.

Para pemain Afrika tersebut rupanya tidak memiliki jenjang karier yang panjang. Mereka terlihat kesulitan dan kemudian hengkang karena tak mampu bersaing dengan pemain lainnya.

Berikut pemain asal Benua Afrika yang bermain bersama Manchester United:

1 . Odion Ighalo

Odion Ighalo berseragam Manchester United pada tahun 2020 ini. Saat ini dirinya masih dalam status peminjaman dari klub asal China, Shanghai Shenhua. Sejak berseragam Setan Merah pemain asal Nigeria ini sudah langsung menjadi andalan di sektor depan.

Sejauh ini, sang oelatih Ole Gunnar Solskjaer telah mempercayainya dan bermain sudah empat pertandingan di musim ini. Dirinya adalah pemain asal Nigeria pertama yang berhasil bermain di Manchester United.

2. Eric Bailly

Manchester United memboyong Eric Baily dari Villareal pada tahun 2016 lalu. pemain asal Pantai Gading ini rupanya langsung menjadi andalan bagi lini belakang Setan Merah.

Sejauh ini, Eric Baily sudah mencatatkan 74 penapilan dan mencetak 1 gol bersama Manchester United. Ia juga berperan penting dalam tiga gelar yang diraih Setan Merah yakni Community Shield 2016, piala Liga Inggris 2016-2017, serta Liga Eropa 2016/2017.

Namun, penampilannya harus terganggu, Eric baily mengalami cederah yang diraihnya pada musim 2019 lalu. sampai saat ini dirinya sudah bermain sebanyak enam pertandingan di semua ajang.

3. Wilfried Zaha

Wilfried Zaha merupakan salah satu pemain asal Pantai Gading yang bermain bersama Manchester United. Di bergabung pada tahun 2013 silam. Saat itu dirinya diboyong dari Crystal Palace.

Kariernya bersama Manchester United rupanya tidak berjalan mulus. Pada kisaran tahun 2013 hingga 2015 lalu, Wilfried Zaha hanya bermain dalam dua pertandingan bersama Setan Merah.

Alhasil, dirinya pun memutuskan untuk hengkang dari Manchester United pada tahun 2015 dan kembali bermain di Crystal Palace serta kembali mendapatkan peran inti.

4. Manucho

Kedatangannya ke Old Trafford terhitung sejak tahun 2008 silam. Ketika itu pemain asal Angola tersebut diboyong untuk mempertajam lini depan. Namun, Manucho dalam perjalanannya gagal bersaing dengan pemain depan lainnya.

Bagaimana tidak, lini depan Manchester United saat itu masih di isi oleh Cristiano Ronaldo, Carlos Teves, dan Dimitar Berbatov.

Alhasil karier Manucho di Manchester United hanya berjalan selama satu musim saja dan mencatatkan tiga kali penampilan. Pada tahun 2009 dirinya memutuskan hengkang dan melanjutkan karier di Real Calladolid setelah masa pinjaman di Panathianaikos dan Hull City.

1