In-depth

Efek Domino Transfer Paul Pogba yang Ubah Peta Sepak Bola Eropa

Selasa, 2 Juni 2020 03:42 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Michael Regan/GettyImages
Kepindahan Paul Pogba dari Manchester United diyakini bakal memicu perubahan besar pada peta kekuatan sepak bola Eropa. Copyright: © Michael Regan/GettyImages
Kepindahan Paul Pogba dari Manchester United diyakini bakal memicu perubahan besar pada peta kekuatan sepak bola Eropa.

INDOSPORT.COM - Kepindahan Paul Pogba dari Manchester United diyakini bakal memicu perubahan besar pada peta kekuatan sepak bola Eropa. 

Zinedine Zidane dikabarkan baru saja menggelar pertemuan dengan agen Paul Pogba, Mino Raiola, untuk mendiskusikan transfer bintang Prancis itu ke Real Madrid.

Pertemuan yang digelar tertutup tersebut kabarnya membahas kemungkinan transfer Paul Pogba ke Real Madrid pada bursa transfer musim panas mendatang.

Seperti diketahui, Zidane adalah penggemar berat Pogba dan pelatih asal Prancis tersebut diketahui juga telah mencoba mendatangkan pemain idolanya itu di bursa transfer pemain periode sebelumnya.

Perjuangan Zidane untuk mendatangkan Pogba sepertinya bakal terbayar musim panas ini. Meski begitu, ada banyak hal yang harus dikorbankan untuk mendatangkan pemain juara Piala Dunia 2018 tersebut. 

Sebagai seorang pesepak bola, Paul Pogba bukanlah pemain biasa. Pogba adalah sosok gelandang serba bisa yang bisa diandalkan dalam mengangkat performa tim. 

Pogba merupakan gelandang yang bisa bertahan, menyerang, dan mencetak gol. Memilikinya di dalam sebuah tim merupakan sebuah keuntungan. 

Man United tentu tahu betul kualitas seorang Pogba. Total sebanyak 31 gol dan 31 asssist telah berhasil dibukukannya dalam 150 laga bersama Setan Merah.

Fakta ini membuat Pogba dihargai sangat mahal di bursa transfer. Hal ini pula yang membuat klub-klub peminatnya mesti berkorban banyak. 

Tak terkecuali bagi Real Madrid yang dilatih Zidane. Man United sempat membanderol Pogba tak kurang dari 148 juta pound atau setara Rp2,6 triliun. 

Klub peminat Pogba juga mesti siap menyiapkan gaji ekstra besar untuknya. Harga Pogba yang terus melambung tak terlepas dari keberadaan sang super agen, Mino Raiola. 

Jangan lupakan pula Juventus, mantan klub Pogba ini juga diam-diam tengah berusaha mengembalikan sang bintang dengan cara mereka sendiri. 

Ubah Peta Kekuatan Sepak Bola

Andai terwujud, kedatangan Pogba ke Real Madrid diyakini bakal mengubah sebagian wajah sepak bola Eropa .

Diyakini bakal terjadi perpindahan pemain besar-besaran yang melibatkan sejumlah klub sebagai dampak kepindahan Pogba. Bahkan, persaingan dahsyat El Clasico di LaLiga Spanyol dan Eropa bergantung pada dirinya.

Satu hal yang paling mungkin terjadi, Real Madrid mesti melepas banyak pemain untuk mendatangkan Pogba, mengingat kondisi keuangan klub yang lunglai akibat pandemi virus corona. 

Tak tanggung-tanggung, Real Madrid menawarkan empat pemain sekaligus kepada Man United plus uang tentunya. Dilansir dari Metro Sports, keempat pemain itu adalah Martin Odegaard, Lucas Vazquez, James Rodriguez, dan Brahim Diaz

Keempat pemain tersebut bukanlah nama-nama kacangan. Apalagi ada Martin Odegaard yang tengah naik daun. Man United pun diyakini bakal lebih berwarna dan ditakuti jika menduetkan James Rodriguez dan Bruno Fernandes. 

Meski begitu, belum ada tanda-tanda pasti ketertarikan Man United terhadap tawaran tersebut. Namun jika ini terwujud, maka Liga Inggris diyakini bakal lebih berwarna.

Tak hanya itu, jika Pogba benar-benar merapat ke Real Madrid, hal itu akan memicu rival abadi mereka, Barcelona, untuk mendatangkan Lautaro Martinez atau Neymar di musim panas ini. 

Bahkan, kedatangan Pogba bisa saja memaksa Barca untuk mendaratkan Martinez dan Neymar sekaligus. 

Apalagi, Madrid juga tengah kesemsem berat dengan Kylian Mbappe dari PSG. Maka persaingan El Clasico generasi terbaru pun bakal meletus di Eropa. 

Real Madrid ternyata bukan satu-satunya peminat Pogba. Seperti disinggung di atas, raksasa Italia, Juventus, juga memendam hasrat untuk memulangkan mantan pemainnya tersebut. 

Man United bahkan sudah menyerahkan permintaan khusus kepada Bianconeri.  Setan Merah dikabarkan meminta dua penggawa Juventus sebagai ganti Pogba.  Kedua pemain itu adalah Miralem Pjanic dan Paulo Dybala. 

Lagi-lagi kedua pemain ini bukanlah pemain sembarangan. Juve tentu bakal pikir-pikir melepas mereka, terutama talenta muda seperti Paulo Dybala.

Kehilangan Miralem Pjanic serta uang 50-60 juta euro mungkin cukup masuk akal. Tapi tidak untuk Dybala. 

Andai Pogba benar-benar kembali ke Juventus, hal itu bakal memaksa Inter untuk pikir-pikir melepas strikernya, Lautaro Martinez, ke Barcelona. Inter tentu tidak mau momentum kebangkitan mereka di bawah Conte musim ini hilang begitu saja di musim depan. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%