Liga Indonesia

Liga 2 Lanjut Oktober, PSMS Setuju Format Usulan PSSI

Selasa, 2 Juni 2020 21:48 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Penjaga gawang PSMS Medan Liga 2 2020, Herlian Arif Laksono. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Penjaga gawang PSMS Medan Liga 2 2020, Herlian Arif Laksono.

INDOSPORT.COM - Klub Liga 2 2020, PSMS Medan, menyambut baik dengan usulan yang diberikan oleh PSSI terkait kelanjutan kompetisi kasta kedua Indonesia tersebut.

Sebab PSSI telah memberikan lampu hijau seluruh kompetisi baik Liga 1 maupun Liga 2 musim ini tetap dilanjutkan. Di mana PSSI mengusulkan Liga 1 bergulir September, sedangkan Liga 2 digulir Oktober mendatang.

Hal itu terungkap dalam rapat virtual PSSI dengan para peserta klub Liga 1 dan Liga 2, di mana Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, yang langsung memberikan usulan tersebut.

Khusus Liga 2, selain digelar Oktober, PSSI memberikan usulan format kompetisi diganti ulang menjadi format setengah kompetisi yang dibagi dalam 4 grup yang masing-masing grup diisi 6 klub.

Lalu poin usulan lainnya Liga 2 musim ini tidak ada degradasi, tapi masih memberi tiket promosi untuk 2 klub ke Liga 1 musim berikutnya. Serta mengajukan subsidi Rp200 juta setiap bulannya selama kompetisi.

"Kita sangat mendukung penuh atas usulan PSSI tersebut terkait kelanjutan Liga 2. Artinya usulan PSSI itu sesuai harapan kita selama ini agar liga tetap lanjut," kata Manajer PSMS, Mulyadi Simatupang, usai rapat virtual, Selasa (02/06/20).

"Kami tidak mempermasalahkan format kompetisi yang diusulkan oleh PSSI tersebut. Intinya kompetisi lanjut lagi dan kita dukung usulan itu," lanjutnya.

Lebih lanjut Mulyadi mengatakan, pihak memberikan tiga saran kepada PSSI terkait usulan tersebut, seperti soal gaji atau kontrak pemain, undian grup serta lokasi pertandingan harus netral.

"Gaji kan masih 25 persen selama force majeure sampai Juni ini. Bagaimana untuk bulan 7 sampai 9 dan saat kompetisi mulai bulan 10 hingga finish. Pembagian grup harus diundi dan main di tempat netral," pungkasnya.

Sebagai informasi, seluruh liga masih ditangguhkan setelah sebelumnya dihentikan sementara sejak Maret lalu sampai 29 Mei kemarin. Usulan PSSI tersebut belum final dan masih akan dirembukkan dalam rapat Exco PSSI dalam waktu dekat ini.