Liga Indonesia

3 Kiper Timnas U-19 yang Terancam Jika Dayen Gentenaar Dinaturalisasi

Rabu, 3 Juni 2020 11:02 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© instagram.com/dayen._
Jika Dayen Gentenaar dinaturalisasi oleh PSSI, maka setidaknya bakal ada 3 kiper Timnas Indonesia U-19 yang bakal terancam. Copyright: © instagram.com/dayen._
Jika Dayen Gentenaar dinaturalisasi oleh PSSI, maka setidaknya bakal ada 3 kiper Timnas Indonesia U-19 yang bakal terancam.

INDOSPORT.COM – Jika Dayen Gentenaar dinaturalisasi oleh PSSI, maka setidaknya bakal ada 3 kiper Timnas Indonesia U-19 yang bakal terancam.

Dayen Gentenaar, wonderkid Belanda berdarah Indonesia berposisi kiper ini mengakui bahwa dirinya ingin membela Timnas Indonesia suatu saat nanti.

Diketahui, Dayen Gentenaar merupakan anak dari mantan kiper Borussia Dortmund yang berasal dari Bandung, yakni Dennis Gentenaar.

“Darah Indonesia yang saya miliki berasal dari ayah saya. Dia berasal dari Bandung,” ucapnya kepada pemain Indonesia keturunan Belanda, Yussa Nugraha di channel YouTube pribadinya.

Selain itu, penjaga gawang berusia 18 tahun tersebut pun mengungkapkan bahwa dirinya akan sangat senang bila diminta untuk membela Timnas Indonesia.

“Ya (bila diundang membela Timnas Indonesia), saya akan datang langsung. Saya ingin membela Timnas Indonesia,” ucapnya.

Dengan kehadirannya nanti, andai resmi dinaturalisasi, maka Dayen kemungkinan besar bakal mengancam posisi 3 kiper Timnas Indonesia U-19. Siapa saja mereka?

Risky Sudirman

© riskymuhammads22
Kiper muda Persija Jakarta, Risky Sudirman saat jalani latihan. Copyright: riskymuhammads22Kiper muda Persija Jakarta, Risky Sudirman bisa saja terancam dari Timnas Indonesia U-19 andai Dayen dinaturalisasi.

Nama kiper pertama yang mungkin bisa terancam atas kedatangan Dayen adalah Risky Sudirman. Ia merupakan salah satu pelapis Ernando Ari di Timnas Indonesia U-19.

Dirinya pernah dipercaya tampil di ajang penting sekaliber Piala AFF U-19 2019 lalu saat berhadapan dengan Brunei Darussalam U-19.

Risky Sudirman dimainkan di babak kedua dan harus kebobolan satu gol pada menit ke-60. Meski begitu Timnas Indonesia U-19 tetap menang dengan skor 6-1.

Muhamad Darmawan

Muhammad Darmawan sendiri sebelumnya tak pernah mendapatkan kesempatan untuk tampil bersama Timnas Indonesia U-19 atau U-16 era Fakhri Husaini.

Meski demikian, namanya masuk dalam rencana pelatih Shin Tae-yong. Karena pada Januari kemarin, Darmawan dipanggil sebagai kiper Timnas Indonesia U-19 bersam Ernando dan Adisatryo.

Minimnya pengalaman bermain di pentas internasional pun membuat Darmawan kemungkinan besar bakal terancam kehilangan tempat. Namun hal itu masih bisa diubah jika ia tampil fantastis.

Muhammad Adisatryo

Terakhir ada sosok Muhammad Adisatryo. Dirinya bisa saja terancam kesulitan mendapatkan tempat utama di bawah mistar gawang Timnas Indonesia U-19.

Mengingat, Muhammad Adisatryo masih menjadi pilihan kedua setelah Ernando. Artinya, dengan kedatangan Dayen, tentunya akan menambah saingan sang kiper.

Muhammad Adisatryo sendiri sebenarnya mendapatkan kesempatan tampil dua kali di ajang Piala AFF U-19 2019 lalu saat menghadapi Myanmar U-19 (1-1) dan Brunei U-19 (6-1).

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%