In-depth

Melihat Perbandingan Febri Hariyadi dengan Winger Muangthong United

Rabu, 3 Juni 2020 10:05 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Arif Rahman/INDOSPORT
INDOSPORT mencoba memperlihatkan perbandingan antara Febri Hariyadi dengan beberapa pemain yang cukup sering dimainkan sebagai winger di Muangthong United. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
INDOSPORT mencoba memperlihatkan perbandingan antara Febri Hariyadi dengan beberapa pemain yang cukup sering dimainkan sebagai winger di Muangthong United.

INDOSPORT.COM – Klub Liga 1 Thailand Muangthong United dilaporkan berminat untuk memboyong Febri Hariyadi. Berikut perbandingan Febri dengan winger Muangthong United.

Minat klub Thailand terhadap Febri itu awalnya diketahui dari  laporan salah satu jurnalis ESPN yang berada di Bangkok, Paul Murphy. Dia menuliskan melalui akun Twitter-nya:

"Winger Persib Bandung, Febri Hariyadi dikaitkan dengan kepindahan ke Muangthong United," tulis Paul Murphy.

Muangthong United sendiri kabarnya ingin memboyong Febri Hariyadi untuk mengisi slot pemain asing dari Asia Tenggara sesuai dengan protokol operator dari Liga 1 Thailand.

Febri yang selalu diandalkan di skuat utama klub berjuluk Maung Bandung tampaknya jadi alasan Muangthong United kepincut.

Pada musim lalu, pemain yang selalu menjadi langganan Timnas Indonesia itu sukses mencetak 9 gol dan 8 assist dalam 28 pertandingan.

Bila Febri Hariyadi tertarik ke Thailand, maka ia akan mengikuti jejak rekan senegaranya yakni Rudolof Yanto Basna yang saat ini memperkuat PT Prachuap FC.

Bek tegah asal Papua itu menjadi satu-satunya pemain dari Indonesia yang memutuskan untuk berkarir di kasta tertinggi Liga 1 Thailand.

Akan tetapi, langkah Muangthong United akan terhalang harga tinggi yang dimiliki Febri. Status bintangnya, membuat Persib tak akan semudah itu melepas sang pemain.

Menurut Transfermarkt, pemain kelahiran 19 Februari 1996 atau  24 tahun lalu itu memiliki harga yang tak murah, yakni berkisar 325 ribu euro atau setara Rp5,8 miliar.

Kendati demikian, data yang dihadirkan oleh situs Transfermarkt tersebut belum tentu menjadi patokan harga sang pemain. Artinya, harga itu masih bisa bertambah atau bahkan berkurang.

Terlepas dari itu, INDOSPORT mencoba untuk memperlihatkan perbandingan antara Febri dengan beberapa pemain yang cukup sering dimainkan sebagai winger di Muangthong United.

Perbandingan Febri dengan Winger Muangthong United

© Pakawich Damrongkiattisak/Getty Images
Pemain klub Liga Thailand Muangthong United Sardor Mirzaev. Copyright: Pakawich Damrongkiattisak/Getty ImagesPemain klub Liga Thailand Muangthong United Sardor Mirzaev.

Muangthong United sendiri bisa dikatakan krisis pemain sayap. Hal itu terlihat ketika mereka memanfaatkan beberapa pemain untuk mengisi sisi sayap.

Padahal beberapa pemain tersebut memiliki posisi asli selain winger. Menurut Transfermarkt, hanya ada satu sosok pemain yang berposisi sebagai winger, yakni Sakunchai Saengtopho.

Namun usianya yang masih terbilang muda membuat Sukanchai Saengtopho masih belum mendapatkan banyak menit bermain di Liga 1 Thailand.

Pemain yang masih berusia 20 tahun tersebut bahkan baru memainkan peran selama kurang lebih satu menit bersama Muangthong United di Liga 1 Thailand.

Ia diberikan kesempatan tampil di kasta teratas sepak bola Thailand saat Muangthong United berhadapan dengan Bg Pathum United pada laga pembuka liga.

Dengan waktu yang sangat singkat tersebut, Sukanchai Saengthopo pun belum bisa memberikan kontribusi nyata. Ia bahkan menjadi saksi kekalahan timnya atas BG Pathum (1-2).

Korawich Tasa menjadi pemain yang diberikan tugas untuk bermain sedikir melebar setelah Muangthong United hanya memiliki satu pemain sayap.

Korawich Tasa sendiri sebenarnya merupakan pemain yang memiliki posisi asli sebagai penyerang tengah. Namun ia beberapa kali tampil sebagai pemain sayap.

Menurut Transfermarkt, Tasa telah memainkan peran sebagai winger kanan sebanyak tiga kali dan enam kali sebagai pemain sayap kiri.

Saat bermain sebagai pemain sayap, Tasa mampu mengoleksi dua assist. Itu terjadi ketika ia membantu Muangthong United mengalahkan Chonburi FC (3-0) dan PT Prachuap FC (3-0).

Berikutnya ada sosok Saharat Kanyaroj, yang memiliki posisi asli sebagai gelandang serang. Dirinya digeser ke pinggir lapangan untuk menambal krisis winger Muangthong United.

Saharat Kanyaroj sendiri baru diberikan tampil sebagai pemain sayap kiri sebanyak satu kali di Liga 1 Thailand 2020. Itu terjadi ketika Muangthong United menang atas Chonburi FC.

© Twitter/@MuangthongUtd
Pemain Muangthong United Saharat Kanyaroj. Copyright: Twitter/@MuangthongUtdPemain Muangthong United Saharat Kanyaroj.

Terakhir, nama Sardor Mirzaev menjadi salah satu pesaing Febri untuk bisa menembus skuat utama Muangthong United.

Sardor Mirzaev sendiri sudah memainkan dua pertandingan di Liga 1 Thailand 2020 sebagai pemain sayap kiri Muangthong United.

Itu terjadi ketika Muangthong United berhadapan dengan Bangkok United (kalah 1-2) dan Rayong FC (menang 3-0). Dalam kemenangan atas Rayong FC, ia mampu menyumbangkan satu assist.

Febri sendiri sejauh ini belum memberikan kontribusi nyata untuk Persib Bandung di Liga 1 2020. Hingga pekan ketiga, dirinya belum mengoleksi gol ataupun assist.

Lalu apakah Febri bisa bersaing dengan para pemain Muangthong United? Itu hanya akan terjawab ketika transfer ini menjadi realita. Patut dinantikan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%