Liga Indonesia

PSSI Belum Bicara Target Timnas Indonesia di Piala AFF 2020

Kamis, 4 Juni 2020 19:47 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Senior Indonesia dikalahkan Persita Tangerang 1-4 pada laga uji coba di Stadion Madya Senayan, Jumat (21/02/20). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Timnas Senior Indonesia dikalahkan Persita Tangerang 1-4 pada laga uji coba di Stadion Madya Senayan, Jumat (21/02/20).

INDOSPORT.COM - PSSI sepertinya belum berani berbicara terkait target dari Timnas Indonesia di Piala AFF 2020. Bahkan PSSI pun belum bicara persiapan skuat Garuda untuk perhelatan ini.

Timnas Indonesia memang dihadapkan dalam jadwal Piala AFF 2020. Turnamen sepak bola se-Asia Tenggara itu direncanakan bakal berlangsung dari 23 November sampai 31 Desember.

Namun meski tinggal beberapa bulan lagi, Timnas Indonesia belum melakukan persiapan dan berbicara target. Seperti diutarakan Pelaksana tugas (plt) Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menjelaskan, saat ini federasi memprioritaskan persiapan Timnas Indonesia U-19.

Pasalnya, agenda terdekat adalah Piala Asia U-19 2020 yang digelar di Uzbekistan pada 14-31 Oktober.

"Kami belum bicara itu (persiapan dan target) karena yang memang duluan adalah Piala Asia U-19, setelah itu baru Piala AFF 2020," ujar Yunus Nusi.

Yunus juga menambahkan bahwa persiapan untuk Timnas Indonesia senior akan dijalankan bertahap setelah timnas U-19. Kondisi pandemi virus corona (COVID-19) yang menghantam Indonesia membuat manajer-pelatih Shin Tae-yong harus merubah program.

"PSSI saat ini memprioritaskan timnas U-19 dan untuk timnas senior bertahap persiapannya. Untuk TC (pemusatan latihan) kami masih menunggu perkembangan Jakarta," kata Yunus menambahkan.

Federasi memang sedang mengejar persiapan timnas U-19 untuk dua ajang prestisius, Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021. Khusus untuk Piala Dunia U-20, Indonesia akan tampil sebagai tuan rumah.

Untuk itu, PSSI dan Shin Tae-yong memprioritaskan pembentukan timnas U-19 ketimbang senior. Saat ini juga sedang berlangsung pemusatan latihan atau training camp (TC) virtual timnas U-19 yang diikuti 44 pemain pilihan Tae-yong.