Bursa Transfer

Menakar Untung Rugi Liverpool Datangkan Ousmane Dembele dari Barcelona

Jumat, 5 Juni 2020 08:23 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© TF-Images/Getty Images
Ousmane Dembele di laga Liga Champions Barcelona vs Liverpool Copyright: © TF-Images/Getty Images
Ousmane Dembele di laga Liga Champions Barcelona vs Liverpool

INDOSPORT.COM – Jika datang dari Barcelona dengan status pemain pinjaman, apakah Ousmane Dembele menghadirkan keuntungan atau malah kerugian buat Liverpool?

Klub Liga Inggris Liverpool dikabarkan telah mengajukan penawaran pinjaman Ousmane Dembele kepada Barcelona untuk memakai jasanya pada musim depan

Dalam kabar yang diutarakan pakar transfer sepak bola Italia, Gianluca di Marzio itu, Liverpool juga menyertakan opsi untuk mempermanenkan Dembele, jika dalam masa peminjamannya bisa tampil sesuai ekspektasi.

Rumor transfer tersebut memang belum menemui titik terang, sebab Dembele dikabarkan juga lebih memilih untuk bertahan bersama Barcelona, kendati jarang mendapatkan kesempatan bermain di tim utama.

Lantas pertanyaannya, apakah sebenarnya opsi peminjaman Ousmane Dembele dari Barcelona itu akan benar-benar menjadi hal yang menguntungkan buat Liverpool? Atau sebaliknya, malah merugikan buat calon juara Liga Primer Inggris musim 2019/20 ini? Berikut INDOSPORT coba mengulasnya.

Keuntungan

© Twitter/@tobiasram1r0
Gaya pemain Barcelona Ousmane Dembele saat membobol kiper Levante di laga Copa del Rey, Jumat (18/01/19). Copyright: Twitter/@tobiasram1r0Gaya pemain Barcelona Ousmane Dembele saat membobol kiper Levante di laga Copa del Rey, Jumat (18/01/19).

Dengan kualitas sesungguhnya yang dimiliki oleh Ousmane Dembele, jelas pemain asal Prancis itu akan menjadi sesuatu yang menguntungkan buat Liverpool.

Berbekal kecepatan, kemampuan menggiring bola dan bisa mencetak gol dengan sama baiknya lewat kaki kiri dan kanan, kehadiran Ousmane Dembele akan sangat cocok dengan skema permainan Liverpool di bawah Jurgen Klopp saat ini.

Ousmane Dembele bisa menjadi pelapis atau bahkan pesaing yang sepadan buat Mohamed Salah dan Sadio Mane yang biasa mengisi tempat utama sebagai winger.

Selain itu, Dembele juga merupakan pemain versetile, yang bisa dimainkan di berbagai posisi pada lini depan. Baik itu winger, penyerang lubang maupun penyerang depan, hingga sayap kanan atau kiri.

Dengan kemampuan tersebut, tentu sulit untuk menampik bahwa Dembele bisa menghadirkan keuntungan buat Liverpool. Apalagi jika kedatangannya hanya dengan status pemain pinjaman, yang artinya Liverpool tak perlu merogoh kocek dalam untuk bisa memakai jasanya.

Kerugian

© fcbarcelona.com
Ousmane Dembele tampak menangis saat harus meninggalkan lapangan karena cedera di pertandingan Barcelona vs Dortmund di Liga Champions, Kamis (28/11/19) dini hari kemarin. Copyright: fcbarcelona.comOusmane Dembele menangis saat harus meninggalkan lapangan karena cedera di pertandingan Barcelona vs Dortmund.

Meski bisa menghadirkan sejumlah keuntungan, bukan berarti taka da kerugian yang bisa muncul dengan kehadiran Dembele. Seperti yang paling mungkin terjadi misalnya, alih-alih menambah kekuatan Liverpool, Dembele besar peluang justru hanya menjadi penghuni meja operasi di klub asal Merseyside tersebut.

Meski hanya dengan status pinjaman, keadaan tersebut tetap bisa merugikan buat Liverpool. Karena gaji Dembele sebagai pemain juga terhitung cukup besar, mecapai 12 juta euro per tahun.

Dengan kondisi tersebut, maka keberadaan Dembele akan justru membebani keuangan Liverpool. Karena potensi cedera pemain 23 tahun itu terhitung sangat besar.

Musim ini saja misalnya, sudah tiga kali Dembele harus naik ke meja operasi karena cedera hamstring, yang membuatnya harus menepi hingga setidaknya selama 398 hari hingga 4 Agustus mendatang.

Ditambah situasi Liga Inggris selama ini relatif menghadirkan permainan yang lebih keras dan juga jadwal padat, potensi kerugian akibat cederanya Ousmane Dembele andai membela Liverpool seakan sudah berada di depan mata.