Bola Internasional

Sukses Basmi Corona, Vietnam Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2020

Jumat, 5 Juni 2020 15:29 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Goal.com
Berkat keberhasilan basmi virus corona, Vietnam mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala AFF 2020. Copyright: © Goal.com
Berkat keberhasilan basmi virus corona, Vietnam mengajukan diri menjadi tuan rumah Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Mengklaim telah menjadi negara paling sukses di ASEAN dalam membasmi virus corona, Vietnam bakal mengajukan diri jadi tuan rumah Piala AFF 2020.

Dilansir dari Vietnamnet, Sekjen Asosiasi Sepak Bola Vietnam (VFF), Le Hoai Anh, berharap Piala AFF 2020 bisa beralih ke format lama yaitu home tournament.

Hal itu karena saat ini wabah virus corona di negara peserta Piala AFF 2020 masih ada yang belum tertangani dengan baik.

Ia takut nantinya bila menggunakan format home dan away turnamen malah akan terhambat karena tidak mendapatkan izin dari pemerintah masing-masing peserta.

"Saat ini kami belum menerima pemberitahuan resmi dari AFF tentang mengubah format kompetisi. Namun, dalam situasi penyakit saat ini. Di wilayah apa pun bisa terjadi," kata Le Hoai Anh.

"Pencegahan COVID-19 di setiap negara adalah faktor utama jika ditugaskan untuk menjadi tuan rumah. Saat ini Vietnam bisa dikatakan telah berhasil mengendalikan COVID-19. Kami memiliki peluang besar untuk menyelenggarakan Piala AFF 2020," ucapnya menambahkan.

Saat ini Vietnam menjadi satu-satunya negara di wilayah Asia Tenggara yang sudah melanjutkan kompetisi domestik berkat keberhasilan berperang melawan virus corona.

Tentu bila keinginan Vietnam untuk menjadi tuan rumah Piala AFF 2020 dikabulkan, tim asuhan Park Hang-seo akan semakin mulus dalam mempertahankan gelar juara.

Bermain di depan puluhan ribu pendukung pasti membuat Vietnam dengan mudah untuk mengalahkan pesaing berat seperti Timnas Indonesia, Thailand, dan Malaysia.